Bagaimana lintah bisa melekat pada tubuh ikan koi sehingga menyebabkan penyakit?

Cara yang umum dilakukan untuk mengenal gejala penyakit adalah menangkap koi yang sakit dari dalam kolam lalu memeriksanya dengan teliti. Hal itupun sama dengan meneliti apakah ikan koi juga terdapat lintah pada tubuhnya.

Terdapat banyak sekali jenis lintah. Ukurannya bisa sangat kecil. Lintah pada ikan koi melekat pada tubuh ikan sebagai inang dan menghisap darah ikan dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini dapat melemahkan kondisi ikan koi. Tidak hanya itu, lintah dapat membawa bakteri flagellate, sebagai penyebab penyakit tidur pada ikan koi. Ikan koi yang terkena panyakit tidur dapat terlihat lesu.

Bekas gigitan lintah juga dapat menimbulkan bekas luka yang mengundang bakteri atau jamur. Dan ini dapat menyebabkan infeksi. Ikan yang terkena gigitan lintah hendaknya segera dipindahkan, dan dirawat dengan menggunakan larutan garam. Biasanya lintah akan berjatuhan karena melepaskan cengkeramannya. Jika tidak, bisa diangkat dengan pinset. Jika masalah lintah bersumber dari kolamnya, pembersihan kolam ikan perlu dilakukan. Caranya dengan menggunakan pemutih (kalsium hipoklorit atau kaporit). Perhatikan juga tumbuh-tumbuhan di sekitar kolam ikan secara seksama, jangan sampai juga menjadi sarang lintah.

Setelah bersih, isi kembali kolam dengan air bersih. Biarkan dulu selama 5 sampai 10 hari dengan filter menyala agar air bersih secara sempurna. Baru masukkan kembali ikan koi ke dalam kolam. Sembari memasukkan ikan ke dalam kolam, periksa kembali kondisi ikan apakah masih ada tanda-tanda penyakit.