Bagaimana langkah yang benar agar roadmap kita menjadi baik ?

Roadmap sangatlah penting untuk membantu kita dalam sebuah produk, apakah ada langkah-langkah yang baik agar roadmap kita menjadi yang terbaik ?

Road Map
Jika Anda ingin membuat pengoptimalan lebih mudah dan lebih menguntungkan bagi organisasi Anda, Anda harus membangun peta jalan yang efektif untuk pengujian. Namun, peta jalan yang sukses tidak dibangun dalam semalam. Sebelum Anda membangun, Anda harus mempertimbangkan empat langkah: penetapan tujuan, pemilihan KPI, identifikasi pembatas, dan penentuan prioritas. Saya akan menjelaskan masing-masing dari keempat langkah di bawah ini.

  1. Tetapkan Tujuan Anda

Setiap peta jalan memiliki tujuan. Apa milikmu? Mengapa Anda menguji? Apa tujuan akhir Anda? Sangat penting untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebelum Anda memulai roadmap. Selalu ingat: Anda dapat memiliki banyak sasaran! Meskipun pendapatan sering kali menjadi pendorong utama di balik pembuatan peta jalan, ada banyak faktor dan itu tidak selalu merupakan penjualan. Layanan pelanggan yang baik, misalnya, membantu banyak organisasi tetap menguntungkan; semakin lama pelanggan adalah pelanggan, semakin baik.

  1. Identifikasi KPI Anda

Tunggu dulu! Apa gunanya menentukan sasaran Anda jika Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah dan kapan Anda menjangkau mereka? Penentuan KPI Anda adalah langkah selanjutnya dalam proses. Sama pentingnya dengan menyebutkan tujuan Anda adalah memiliki cara untuk mengukurnya. Jika Anda tidak dapat meningkatkan nomor Anda, maka peta jalan dan semua upaya pengoptimalan Anda tidak akan menjadi masalah di penghujung hari (terdengar keras). Jika tujuan Anda adalah meningkatkan penjualan (meminjam contoh pengecer saya dari sebelumnya), ada banyak KPI yang dapat Anda ukur: Pengeluaran pelanggan rata-rata, jual melalui kurs, dan margin kotor / net hanya beberapa. Selanjutnya, Anda harus menentukan pentingnya KPI ini dan memberi peringkat mereka terhadap satu sama lain (memprioritaskan). Untuk saat ini, meskipun, itu membantu untuk hanya mengidentifikasi faktor-faktor yang ingin Anda ukur.

  1. Pahami Hambatan Anda

Dengan sasaran dan KPI Anda ditetapkan, sekarang saatnya untuk fokus pada peta jalan itu sendiri. Bagaimana Anda akan membangunnya? Idealnya, peta jalan membahas tantangan utama yang dihadapi orang-orang dalam perjalanan pelanggan mereka. Tantangan-tantangan ini adalah “penghalang” untuk corong yang sukses, dan mereka dapat terjadi selama fase apa pun atau pada titik mana pun dalam perjalanan. Di situs web Anda, cari hambatan di sekitar kemudahan penggunaan. Apakah bidang masuk jelas untuk orang yang ingin mengakses akun mereka? Apakah mudah bagi orang untuk sampai ke bagian yang menarik bagi mereka? Apakah situs dibangun lebih untuk pelanggan saat ini daripada prospek? Lihatlah tim Anda dan data pelanggan Anda untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan semacam ini.

  1. Prioritaskan Kampanye Anda

Karena tujuan Anda, KPI, dan hambatan akan sangat mempengaruhi peta jalan Anda, langkah terakhir ini sangat penting. Sekarang, Anda harus memprioritaskan pentingnya semua faktor yang telah Anda identifikasi. Peta jalan terdiri dari banyak kampanye, yang masing-masing dapat berfokus pada tujuan, KPI, dan hambatan yang berbeda. Tetapi sasaran apa yang akan membuat dampak yang Anda inginkan, secepat yang Anda inginkan terjadi? Apa KPI yang harus Anda bobot lebih berat daripada yang lain? Hambatan apa yang paling merusak kesuksesan bisnis Anda? Anda harus menyusun hierarki kampanye berdasarkan di mana Anda ingin fokus (bagian mana dari corong), bagaimana Anda ingin fokus (jangka pendek atau jangka panjang), kepada siapa Anda ingin fokus (prospek atau pelanggan), dan lainnya faktor-faktor. Bisnis tidak lagi dalam warna hitam, misalnya, sering membangun peta jalan yang dimulai dengan kampanye “untuk menghentikan pendarahan,” yang berfokus pada memaksimalkan pendapatan dalam jangka pendek.

Sumber : 4 Langkah terbaik roadmap