Bagaimana langkah untuk membuat perencanaan sumber daya manusia ?

sumber_daya_manusia

(Si Kritis) #1

sumber daya manusia

Dalam organisasi atau perusahaan diperlukan perencanaan dalam memilih sumber daya manusia untuk menjadi bagian dari organisasi. Maka dari itu diperlukan perencanaan, kriteria sumber daya seperti apa yang pantas dan mana yang tidak. Karena sumber daya merupakan pondasi penting berhasilnya organisasi atau perusahaan.

Bagaimana langkah untuk membuat perencanaan sumber daya manusia ?


(Erwina Nur Amalina) #2

Ada 6 langkah dalam membuat perencanaan manajemen sumber daya manusia atau Human resources planning management, yaitu:

  1. Menganalisis Tujuan organisasi
    Departemen HRD di organisasi atau perusahaan harus mengetahui sebenarnya tujuan dari organisasi atau perusahaan tersebut. Mulai dari bagaimana keuangan, marketing, produksi, penjualan dan sebagainya sehingga HRD tau persis karakter yang pas untuk tiap departemen atau bagan dalam perusahaan atau organisasi

  2. Memeriksa berapa jumlah karyawan yang akan di terima
    Dari sistem penyimpanan informasi sumber daya manusia yang diperbarui, jumlah karyawan saat ini, kapasitas, kinerja dan potensinya dapat dianalisis sehingga dapat mudah untuk diperkirakan

  3. Memperkirakan jumlah permintaan dan penyediaan sumber daya manusia
    Sumber daya manusia yang dibutuhkan pada posisi yang berbeda sesuai dengan profil pekerjaan mereka harus diperkirakan. Sumber internal dan eksternal yang tersedia untuk memenuhi persyaratan tersebut juga diukur. Harus ada pencocokan tepat deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan satu karya tertentu, dan profil orang tersebut harus sesuai dengannya.

  4. Memperkirakan kesenjangan tenaga kerja
    Perbandingan permintaan sumber daya manusia dan sumber daya manusia akan memberikan surplus atau defisit sumber daya manusia. Defisit mewakili jumlah orang yang akan dipekerjakan, sedangkan surplus merupakan penghentian. Penggunaan program pelatihan dan pengembangan yang ekstensif dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan karyawan.

  5. Merumuskan rencana aksi sumber daya manusia
    Rencana aksi yang akan diberikan kepada sumber daya manusia bergantung pada apakah ada defisit atau surplus dalam organisasi. Dengan demikian, rencana tersebut dapat diselesaikan baik untuk rekrutmen, pelatihan, transfer antardepartemen baru jika terjadi defisit penghentian, atau skema pensiun sukarela dan pemindahan dalam hal terjadi surplus.

  6. Mengawasi, mengontrol, dan memberi timbal balik
    Sumber daya manusia dialokasikan sesuai dengan persyaratan, dan persediaan diperbarui dalam satu periode. Rencananya dipantau secara ketat untuk mengidentifikasi kekurangan dan menghapus sumber daya manusia yang kinerjanya kurang. Perbandingan antara rencana sumber daya manusia dan pelaksanaan aktualnya dilakukan untuk memastikan tindakan yang tepat dan tersedianya jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk berbagai pekerjaan.

Referensi: