Bagaimana Langkah - langkah pembuatan pakan alternatif seperti Azolla dengan metode fermentasi untuk pakan ternak kambing?

Azolla sering dijumpai mengapung di area perairan yang tergenang seperti rawa-rawa dan persawahan, namun mungkin belum banyak yang mengenal tanaman paku air ini. Kebanyakan petani seringkali menganggap tanaman ini sebagai gulma sehingga akan disingkirkan. Padahal tanaman azolla ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk hijau untuk padi karena kemampuannya mengikat langsung nitrogen di udara sehingga azolla mempunyai kandungan hara yang tinggi. Ada banyak jenis tanaman azolla, tapi yang paling umum ditemui dan dimanfaatkan adalah jenis azolla pinnata dan azolla microphylla. Tanaman azolla memiliki daun yang berukuran kecil sekitar 3-4cm, tumpang tindih dengan ketebalan 1-3cm, permukaan daunnya lunak, berwarna hijau cerah, serta memiliki jumlah spora yang cukup banyak.

Berikut adalah cara buat pakan alternatif untuk kambing dengan metode fermentasi :

  • Langkah pertama azolla yang segar direndam dalam bak berisi air, lalu cuci untuk menghilangkan lumpurnya Setelah bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Langkah kedua yaitu menyemprot azolla secara merata dengan bakteri pengurai atau probiotik pengurai yang bisa Andabeli dari toko-toko pertanian danpeternakan .Pastikan seluruh azolla tersemprot merata
  • Langkah ketiga adalah simpan azolla pada wadah tertutup, bisa juga menggunakan plastik yang besar. Lalubiarkan Azolla dalam keadaan tertutup hingga kurang lebih 7 hari lamanya
  • Langkah terakhir adalah memanfaatkan hasil fermentasi azolla dan mencampurkannya dengan pakan ternak kambing, seperti dedak, jerami, atau dedaunan hijau lainnya.