Bagaimana Langkah-Langkah Disinfektan pada anjing?

Bagaimana Langkah-Langkah Disinfektan pada anjing?

17543

  1. Segera pindahkan anjing peliharaan lainnya ke lokasi yang lebih aman. Anda bisa menitipkan di rumah teman atau anggota keluarga lainnya yang lokasinya agak berjauhan.
  2. Sebaiknya jasad anjing yang mati terkena penyakit menular dikremasi (bakar) untuk membunuh virus yang masih bersarang di jasad anjing tersebut. Kalau anda ingin mengubur jasad anjing tersebut sebaiknya pilih lokasi yang jauh dari rumah anda. Jasad anjing harus dikubur dengan kedalaman minimal 1 meter, lalu ditaburi dengan bubuk kaporit atau cairan pemutih secukupnya.
  3. Musnahkan perlengkapan bekas anjing yang terkena penyakit, seperti tempat makan / minum, boneka atau mainan yang biasa digunakan anjing tersebut, tempat tidur atau kasur, dan sisa stok makanan (dogfood) yang masih ada. Kemungkinan adanya virus di perlengkapan anjing yang terkena penyakit sangat besar, dikhawatirkan bisa menyerang anjing yang lain atau yang baru.
  4. Bersihkan kandang dengan menggunakan cairan pemutih pakaian (merek apa saja) lalu dijemur di bawah terik matahari minimal 1 kali sehari selama 2 minggu. Jika kandang terbuat dari bahan kayu sebaiknya jangan digunakan lagi.
  5. Bersihkan seluruh tempat dirumah anda terutama tempat di mana anjing yang terkena penyakit sering berada juga dengan cairan pemutih minimal 2 kali sehari selama 2 minggu.
  6. Selama masa disinfektan, usahakan untuk tidak mengunjungi pusat penjualan anjing atau teman anda yang juga memelihara anjing guna mencegah penularan penyakit. Mungkin saja sisa-sisa virus yang ada menempel pada pakaian anda.