Bagaimana Kucing dapat terinfeksi Peritonitis, diagnosis dan cara penyembuhannya?

Bagaimana cara infeksi terjadi sesungguhnya belum jelas. Virus ditemukan dalam darah dan eksudat kucing sakit.

image

Bagaimana cara infeksi terjadi sesungguhnya belum jelas. Virus ditemukan dalam darah dan eksudat kucing sakit. Sebagian besar infeksi berlangsung secara subklinis. Kenapa pada suatu ketika infeksi menjadi manifes tidak diketahui. Pada kira-kira separuh daripada populasi kucing yang menderita FIP ditemukan juga virus lekosis kucing. Mungkin sekali virus akhir ini menyebabkan imunodepresi sehingga penyakit FIP dapat muncul.

Pada kucing yang menderita FIP ditemukan antibodi spesifik dengan titer tinggi; di samping itu kucing memperlihatkan hiper gammaglobulinemi. Pada penyakit ini mungkin kompleks antigenantibodi dan komplemen memegang peranan.

Diagnosis
Pada kasus-kasus klasik diagnosis tidak sulit. Bila kucing dipunksi maka dari ruang abdomen keluar cairan berlendir dan sebagian akan membeku bila terkena hawa luar. Cairan ini juga mempunyai berat jenis yang tinggi (1,017-1,047) dan mengandung banyak gammaglobulin. Bila eksudat tidak terbentuk maka diagnosis hendaknya didasarkan pada gambar seksi dan pemeriksaan laboratorium

Penyembuhan
Bila diagnosis FIP sudah ditentukan maka prognosa ialah inflaust. Vaksin tidak ada. Adanya antibodi dengan titer yang tinggi pada hewan sakit mengecilkan kemungkinan pemberantasan lewat vaksinasi. Dengan hasil FAT dapat ditemukan dan disingkirkan kucing yang terinfeksi.