© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana kualitas air untuk Ikan Koi yang baik ?

Ikan koi

Kelangsungan hidup ikan koi sangat bergantung pada kondisi perairan tempat hidupnya. Mengingat besarnya potensi pencemaran perairan akibat racun yang ditimbulkan dari sisa pakan dan kotoran sisa metabolisme yang mengendap di dasar perairan

Kualitas air merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ikan koi. Meskipun ikan koi dapat hidup dan berkembang pada air yang berkualitas buruk tetapi akan rentan terhadap serangan penyakit dan warna akan menjadi pudar dan tidak indah lagi. Untuk menjaga kualitas koi yang tinggi dan sehat faktor pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas air (Lesmana 2001).

Air yang kurang baik akan menyebabkan ikan koi mudah terserang penyakit. Rendahnya kualitas sifat fisik dan kimia air yang digunakan pada tempat–tempat pembenihan akan berkaitan dengan rendahnya produksi benih ikan. Sifat–sifat fisik dan kimia air tersebut antara lain kecerahan, oksigen terlarut, pH, CO2, suhu, kekeruhan, warna (Khairuman dan Sudenda 2002).

  • Kualitas lingkungan perairan adalah suatu kelayakan lingkungan perairan untuk kisaran tertentu. Sementara itu, perairan ideal adalah perairan yang dapat mendukung kehidupan organisme dalam menyelesaikan daur hidupnya (Boyd 1982).

  • Kualitas air adalah suatu keadaan dan sifat-sifat fisik, kimia dan biologi suatu perairan yang dibandingkan dengan persyaratan untuk keperluan tertentu, seperti kualitas air untuk air minum, pertanian dan perikanan, rumah sakit, industri dan lain sebagainya. Sehingga menjadikan persyaratan kualitas air berbeda-beda sesuai dengan peruntukannya (Ismoyo 1994).

Ikan koi merupakan hewan yang hidup di daerah beriklim sedang dan hidup pada daerah perairan tawar. Menurut SNI 7734-2011 persyaratan media air untuk ikan koi sesuai Tabel dibawah ini,

Tabel. Persyaratan Media Air Untuk Ikan Koi

Jenis Uji Satuan Persyaratan
Fisika
Suhu ˚C 20 – 26
Kimia
pH - 6,5 - 8
Oksigen Terlarut mg/L Min. 5
Amonia mg/L Maks. 0,02
Nitrat mg/L Maks. 50
Nitrit mg/L Maks. 0,2

Sumber: SNI 7734-2011

Sebagai catatan tambahan, ikan koi merupakan ikan air tawar, akan tetapi ikan koi masih dapat hidup pada air yang agak asin. Ikan koi masih bisa bertahan hidup pada air dengan salinitas 10 ppt. Ikan koi hidup pada salinitas netral, akan tetapi ikan koi masih bisa hidup pada salinitas yang agak basa. Kisaran pH yang dibutuhkan ikan koi agar tumbuh sehat yaitu pada kisaran 6,5-8,5 sedangkan nilai kesadahan yang dapat ditoleransi ikan koi adalah 20 mg/L CaCO3 (Effendi 1993).