Bagaimana kriteria sebuah algoritma bisa dikatakan algoritma yang baik?

Terkadang sebuah algoritma yang kita buat belum tentu bisa dipahami oleh orang lain, sehingga menyulitkan orang yang ingin mempelajari algoritma kita.

Bagaimana kriteria sebuah algoritma bisa dikatakan algoritma yang baik?

Kriteria Algoritma Yang Baik

1. Tepat, benar, sederhana, standard, dan efektif

Algoritma yang baik tentu harus tepat, tepat sesuai dengan apa yang diinginkan untuk diimplementasikan dalam program. Algoritma juga harus benar, benar dalam artian penulisannya sesuai aturan yang benar dan dapat dipahami. Sementara sederhana dan efektif adalah dapat menggunakan sedikit mungkin penulisan algoritma tanpa mengurangi fungsi aplikasi.

2. Logis, terstruktur, dan sistematis

Maksud dari logis, terstruktur, dan benar adalah dari sisi penulisan dan logika tepat dan benar. Jadi logika yang dituliskan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kemauan pemilik aplikasi. Dan arti terstruktur adalah urutan penulisan benar dan runtut sesuai jalannya aplikasi.

3. Semua Operasi Terdefinisi

Semua operasi terdefinisi berarti fungsi yang ingin diterapkan dalam aplikasi berjalan. Misal dalam aplikasi terdapat operasi pengurangan jumlah tiket, di algoritma harus dituliskan juga secara runtut dan berhubungan dengan operasi lain.

4. Semua Proses Harus Selesai Setelah Sejumlah Langkah Dilakukan

Semua proses yang dilakukan harus selesai setelah sejumlah langkah dlakukan. Hal ini dilakukan agar pembuat aplikasi bisa membedakan/membagi fungsi-fungsi yang ada dalam aplikasi tersebut.

Algoritma merupakan jalan pikiran seseorang, yang biasanya akan dituangkan dalam sebuah wujud tertulis. Menuliskan algoritma tidak boleh sembarangan, karena algoritma yang kurang baik akan menimbulkan kerugian kepada seseorang yang mengimplementasikannya, baik dari segi tenaga, materi, waktu, dan lain – lain.

Karena itu, untuk meminimalisir adanya kerugian diperlukan sebuah algoritma yang baik. Beberapa kriteria sebuah algoritma bisa disebut algoritma yang baik antara lain yaitu, terstuktur dan sistematis. Karena algoritma sendiri adalah langkah – langkah atau prosedur seseorang dalam menyelesaikan sebuah masalah, maka algoritma yang tidak disusun secara berurutan bukanlah sebuah algoritma. Algoritma yang baik juga harus logis dan masuk akal. Contohnya, apabila kita ingin mengambil sebuah apel yang ada di atas pohon, akan lebih mudah jika kita memiliki sayap dan bisa terbang, tetapi karena hal tersebut mustahil dilakukan oleh manusia, dibutuhkan cara lain yang logis seperti, memakai tangga, melemparkan sandal, ataupun memakai galah. Efektif juga merupakan kriteria penting untuk membuat algoritma yang baik. Apabila kita bisa memikirkan langkah yang lebih efektif, otomatis usaha yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Dalam membuat langkah – langkah dalam algoritma juga harus jelas, agar tidak ada yang salah mengartikan algoritma tersebut. Algoritma yang sederhana juga merupakan kriteria algoritma yang baik, karena dengan langkah yang rumit, seseorang akan sulit mengimplementasikan algoritma tersebut kedalam kehidupan mereka.

1) Sederhana dan Jelas
Terkadang saat kita menulis sebuah algoritma terlalu mementingkan diri sendiri alias yang penting bisa dibaca sendiri, namun adakalanya algoritma kita perlu dibaca orang lain, jika kita menulisnya terlalu panjang dan berbelit-belit pasti akan menyulitkan orang lain sehingga kita perlu menuliskannya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh orang lain.

2) Sesuai Aturan
Sebuah algoritma yang disusun sembarangan dan tidak sesuai dengan aturan akan membuat pusing kepala, karena akan berbelit-belit algoritma tersebut. Maka biasakanlah untuk menulis algoritma yang sesuai dengan aturan atau tatanan penulisan yang berlaku.

3) Beri Definisi Singkat
Tidak semua orang paham apa yang kita maksud dari sebuah algoritma yang kita buat meskipun algoritma tersebut sudah memenuhi syarat aturan dan sederhana, sehingga ada baiknya kita memberi definisi atau penjelasan singkat agar mudah dimengerti

Sikap untuk berpikir logis dan detil dalam menyelesaikan sebuah masalah pada algoritma sangatlah diperlukan demi tercapainya sebuah tujuan dengan cepat dan tepat.
Sehingga, algoritma dikatakan baik itu ketika tingkat efisiensinya tinggi. Efisiensi yang dimaksud disini adalah ketika sumber yang dikeluarkan dalam mengikuti prosesnya itu sedikit, tetapi mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.
Sama halnya dengan prinsip “low cost but high profit” yang dilakukan oleh banyak wirausahawan di dunia.
Selain tingkat efisiensi, manfaat dari sebuah algoritma tersebut juga sangatlah berperan penting dari kesuksesannya.

  • Penyusunan Kriteria Algoritma harus jelas dan logis, fokus terhadap masalah yang harus diselesaikan.
  • Proses yang dijalankan harus jelas (tidak bermakna ganda) dan mempunyai batasan dimana algoritma akan berakhir.
  • Algoritma haruslah efektif dan efisien untuk menyelesaikan masalah yang ada.
  • Output yang dihasilhan harus tepat.
  • Dalam penulisan harus teliti dan efektif.

Sebuah algoritma dikatakan sebagai algoritma yang baik apabila memiliki ciri-ciri diantaranya tepat, benar, efisien, dan efektif. Maksudnya, sebuah algortima memiliki penyelesaian yang tepat bagi setiap masalah yang dimiliki, tidak bertele-tele dan tepat sasaran.

Selain itu, sebuah algoritma yang baik merupakan algoritma yang logis, sistematis, dan terstruktur, yang berarti penyelesaian masalahnya menggunakan langkah yang tersusun secara sistematis dan logis. Semua operasi dalam logaritma tersebut juga terdefinisi secara jelas.

Algoritma yang baik juga memiliki titik akhir yang jelas setelah melakukan beberapa langkah. Artinya setiap algoritma pastinya memiliki keluaran atau output sebagai titik akhir. Algoritma yang baik ditulis dengan bahasa yang standar dan tidak menimbulkan arti ganda.

Ref.

Kriteria Algoritma yang baik :

  1. Tepat, benar, sederhana, standard an efektif
  2. Logis, terstruktur dan sistematis
  3. Semua operasi terdefinisi
  4. Semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah di lakukan
  5. Di tulis dengan bahasa yang standar dengan format peprograman agar mudah untuk di
    implementasikan dan tidak menimbulkan arti ganda

Ciri penting Algoritma yang baik :

  1. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
  2. Setiap langkah harus terdefinisikan dengan tepat dan tidak berarti dua ( Ambiguitas )
  3. Algoritma memiliki angka nol atau lebih masukan
  4. Algoritma memiiki angka nol atau lebih keluaran’
  5. Algoritma harus efektif ( setiap langkah harus sederhana sehingga dapat di kerjakan dalam
    Waktu yang masuk akal )