Bagaimana Kriteria Pemilihan Merek atau Brand yang baik?

merek

Merek atau merek dagang (simbol: ™ atau ®) adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi.

Bagaimana Kriteria Pemilihan Merek atau Brand yang baik ?

Menurut Kotler (2009) terdapat enam pemilihan kriteria merek, diantaranya adalah:

  • Dapat diingat
    Merek harus dapat diingat dan dikenali dengan mudah oleh konsumen.

  • Berarti
    Merek harus kredibel dan mencirikan karakter yang sesuai, serta menyiratkan sesuatu tentang bahan atau tipe orang yang mungkin menggunakan merek.

  • Dapat disukai
    Seberapa menarik estetika dari merek dan dapat disukai secara visual, verbal, dan lainnya.

  • Dapat dipindahkan
    Merek dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru dalam kategori yang sama atau berbeda dengan melintasi batas geografis dan segmen pasar.

  • Dapat disesuaikan
    Merek harus dengan mudah dapat disesuaikan atau diperbarui sesuai dengan kebutuhan pasar.

  • Dapat dilindungi
    Merek harus dapat dipatenkan atau dapat dilegalkan secara hukum, sehingga tidak mudah ditiru oleh pesaing.