Bagaimana kriteria obat kumur yang baik untuk kesehatan mulut?

664xauto-bahaya-antiseptik-di-obat-kumur-170801f

Obat kumur sudah banyak sekali tersedia dipasaran, banyak perusahaan yang berbondong-bondong untuk memproduksi obat kumur guna membantu masyarakat dalam mengatasi dan menjaga kesehatan mulut mereka. lalu bagaimana kriteria obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter?

Obat kumur untuk sariawan sendiri bisa beraneka macam. Namun untuk yang berbahan Povidone-Iodine (PVP-I) dan nonalkohol dianggap memiliki keunggulan. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan guna mengukur efektivitas dari tiga jenis obat kumur. Obat kumur lainnya yang diujikan adalah yang bebas alkohol dengan kandungan 0,12 persen chlorhexidine dan obat kumur tidak mengandung alkohol yang mengandung garam atau soda.

Penelitian ini diikuti oleh 80 pasien yang sedang menjalani radioterapi antineoplasti. Ada 76 pasien yang menyelesaikan studi dan hasilnya makin meyakinkan penelitian mengenai kemampuan obat kumur Povidone-Iodine (PVP-I) dalam memerangi sariawan. Hasilnya disimpulkan bahwa obat kumur bebas alkohol berbahan povidone-iodine dapat mengurangi keparahan dan menunda munculnya sariawan yang disebabkan oleh radioterapi antineoplasti.