Bagaimana kriteria kesuksesan seorang Manajer Pemasaran?

Kriteria apasajakah yang bisa menunjukkan bahwa seorang manajer pemasaran dapat dikatakan telah melaksanakan tugasnya dengan benar dan berhasil?

Seorang manajer pemasaran ialah orang yang bertugas mengatur dan memastikan bahwa keinginan dari konsumen tersampaikan kepada organisasi dan terwujud sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan dimata konsumen. Oleh karena itu sebagai seorang manajer pemasaran, terdapat beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa mereka sudah benar melakukan tugasnya, antara lain :

  • Seorang manajer pemasaran mampu memahami masalah yang dirasakan konsumen dan bisa menciptakan alternatif yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut

  • Menyajikan harga terbaik pada sebuah produk yang dikeluarkan, hal ini bisa menjadi pemuas konsumen dalam jangka panjang.

  • Produk yang dikeluarkan dapat membuat konsumen puas dan kepuaasan tersebut dapat bertahan cukup lama atau sampai produk inovasi selanjutnya dimunculkan.

  • Produk dapat disalurkan secara luas dan tepat sasaran

  • Promosi yang dilakukan dapat menarik minat konsumen untuk memahami produk atau bahkan menarik mereka untuk menggunakan produk kita.

Beberapa kriteria tersebut bisa menjadi indikator bahwa seorang manajer pemasaran telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Sumber