Bagaimana konsep dari psikologi kepribadian ?

Psikologi kepribadian

Psikologi kepribadian merupakan ilmu yang mempelajari upaya sistematis di dalam mengungkapkan serta menjelaskan pola-pola teratur yang berada di dalam pikiran, perilaku, dan perasaan nyata dari manusia yang dapat mempengaruhi kehidupannya.

Bagaimana konsep dari psikologi kepribadian ?

Secara sederhana, konsep psikologi kepribadian dapat dijelaskan sebagai berikut :

1, Karakteristik Manusia

Psikologi kepribadian mengungkapkan karakteristik manusia dengan cara melakukan pencatatan mengenai karakter manusia serta mencari tahu tentang hubungan antara karakter satu dengan yang lainnya. Pemahaman mengenai perbedaan karakter-karakter pada manusia ini lah yang merupakan hasil dari penelitian yang mana memetakan tentang perbedaan karakter didalam diri manusia satu dengan yang lainnya.

2. Penentu Kepribadian

Psikologi kepribadian akan mencari tahu lebih lanjut mengenai penentu kepribadian manusia. Kajian di dalamnya adalah dengan cara melihat dari latar belakang keluarga, pendidikan, sosial, agama, dan hal lainnya. Kepribadian manusia akan sangat tergantung dari kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Meskipun terkadang faktor bawaan dari lahir tidak dapat dihilangkan namun kemudian kepribadian tersebut akan dikembangkan sesuai dengan kondisi dari lingkungan tempat tinggalnya.

3. Alasan Perilaku Manusia

Psikologi kepribadian merupakan sebagia darn kajian ilmu psikologi khusus yang mana batasan dari kajiannya memang difokuskan pada individu. Sehingga konsep mengenai perilaku akan mengkaji dari alasan-alasan yang memicu perilaku dari manusia tersebut. Perilaku tersebut bisa saja unik dan berbeda ataupun memiliki kesamaan perilaku dengan manusia lainnya.

Ketiga konsep kepribadian diatas ditujukan untuk mengungkap hal-hal yang mana menjadi penyebab seseorang manusia dapa bertingkah, berpikir, serta merasakan sesuatu. Melalui konsep tersebut nantinya manusia dapat mampu menjawa pertanyaan mengenai siapa dirinya, apa yang diinginkannya, serta apa yang harus dilakukannya. Bahkan lebih jauh lagi, seorang manusia memiliki kemampuan dalam memberikan penilaian mengenai manusia laiinya melalui cara berbicara, , bertindak, serta cara berpikirnya.

Terdapat beberapa konsep yang berhubungan erat dengan kepribadian. Konsep-konsep yang berhubungan dengan kepribadian adalah (Alwisol, 2005) :

  1. Character (karakter), yaitu penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (banar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit.

  2. Temperament (temperamen), yaitu kepribadian yang berkaitan erat dengan determinan biologis atau fisiologis.

  3. Traits (sifat-sifat), yaitu respon yang senada atau sama terhadap sekolopok stimuli yang mirip, berlangsung dalam kurun waktu (relatif) lama.

  4. Type attribute (ciri), mirip dengan sifat, namun dalam kelompok stimuli yang lebih terbatas.

  5. Habit (kebiasaan), merupakan respon yang sama dan cenderung berulang untuk stimulus yang sama pula.

Konsep-konsep di atas sebenarnya merupakan aspek-aspek atau komponen-komponen kepribadian karena pembicaraan mengenai kepribadian senantiasa mencakup apa saja yang ada di dalamnya, seperti karakter, sifat-sifat, dst. Interaksi antara berbagai aspek tersebut kemudian terwujud sebagai kepribadian.