Bagaimana Konsep Biaya Standar dalam Akuntansi Manajemen?

cost
Secara umum standar diartikan sebagai suatu ukuran kuantitas yang harus dicapai sehubungan dengan adanya operasi atau kegiatan tertentu. Jumlah yang harus dicapai ini ditetapkan berdasarkan penelitian dan penilaian data yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan.

Bagaimanakah konsep lebih mendalam mengenai biaya standar ini?

Biaya standar dapat diartikan \sebagai biaya yang diperhitungkan secara wajar harus terjadi dalam memperoduksi suatu barang, jadi biaya standar adalah standar kuantitas input yang diperlukan untuk menghasilkan satu unit produksi tertentu (Rony, 1990). Suatu biaya standar memiliki dua komponen : Standar Fisik , yang merupakan kuantitas standar dari input per unit output , dan Standar Harga yang merupakan biaya standar atau tarif standar per unit input . Biaya standar ditetapkan melalui penyelidikan khusus dan analisis catatan masa lalu.

Penetapan biaya standar sangat bermanfaat bagi manajemen dalam perencanaan dan pengendalian aktivitas perusahaan, karena biaya standar bermanfaat bagi :

  1. Pembuatan Anggaran
  2. Pengendalian biaya dan mengukur efisiensi
  3. Mendorong upaya kemungkinan pengurangan biaya
  4. Memudahkan dalam pencatatan dan penyiapan laporan biaya
  5. Merencanakan biaya bahan baku, pekerjaan dalam proses maupun persediaan barang jadi
  6. Sebagai pedoman penetapan harga penawaran dalam tender suatu proyek atau kontrak tertentu

Menghitung biaya standar memerlukan standar fisik. Dua jenis standar fisik adalah standar dasar dan standar sekarang. Standar dasar adalah tolok ukur yang digunakan untuk membandingkan kinerja yang diperkirakan dengan kinerja aktual.

Standar sekarang terdiri atas tiga jenis:

  1. Standar Aktual: diperkirakan mencerminkan tingkat aktivitas dan efisiensi yang diperkirakan. Standar ini merupakan estimasi yang paling dekat dengan hasil aktual.

  2. Standar Normal: mencerminkan tingkat dan efisiensi normal. Standar ini mencerminkan hasil yang menantang namun dapat dicapai.

  3. Standar Teoritis: mencerminkan tingkat aktivitas dan efisiensi maksimum. Standar ini merupakan target yang ingin dituju dan bukannya kinerja yang dapat dicapai sekarang. Untuk menentukan standar yang diperbolehkan untuk setiap komponen biaya, maka kuantitas standar yang diperbolehkan per unit produk dikalikan dengan jumlah unit ekuivalen dari unit produk yang diproduksi selama periode tersebut.