Bagaimana konsep barang publik tidak murni dengan teori clubs?

Bagaimana konsep barang publik tidak murni dengan teori clubs ?

Bagaimana konsep barang publik tidak murni dengan teori clubs ?

1 Like

BARANG PUBLIK TIDAK MURNI DAN TEORI CLUBS


Konsep dari barang publik tidak murni terletak antara kasus barang swasta, dimana persaingan dalam konsumsi mungkin dapat terjadi, dan barang publik murni mengacu pada tidak adanya persaingan dalam mengkonsumsi dan tidak adanya pengecualian. Barang publik tidak murni berisi elemen-elemen dari keduanya, barang publik tidak murni dapat terjadi tanpa persaingan dalam konsumsi, tapi setelah titik/hal tertentu barang-barang ini menjadi padat/banyak, dan kadang-kadang disebut sebagai barang publik padat. Barang publik tidak murni dibedakan menjadi dua, barang publik loka dan barang publik menengah. Barang publik seperti jalan raya sering terjadi kemacetan yang di karena banyaknya orang menggunakan layanan jalan raya tersebut.

Barang publik lokal dan barang publik menengah adalah dua bentuk barang publik tidak murni. Manfaat dari barang-barang publik lokal di peroleh individu dari dalam barang tersebut. Di beberapa Negara barang-barang tersebut disediakan oleh pemerintah daerah dan di danai oleh pajak lokal. Sedangkan barang publik menengah adalah input dalam proses produksi perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang pribadi untuk masyarakat umum. Contohnya saja seperti layanan informasi pemerintah, penyuluhan pertanian, dan laporan cuaca. Sulit bagi mekanisme pasar untuk menjatuhkan harga pada layanan ini. Oakland telah menunjukkan bahwa kondisi efisiensi barang publik akhir dapat berlaku untuk barang publik menengah. Oakland mengasumsikan bahwa setiap perusahaan yang menghasilkan barang swasta maupun barang publik menengah tergantung pada tidak adanya persaingan yang digunakan oleh perusahaan lain. Efisiensi dapat dicapai dengan menjumlahkan tingkat marjinal perusahaan dengan menggunakan input kepentingan publik. Dibuktikan dengan menjumlahkan tingkat marjinal substitusi dari konsumen dalam model Samuelson pada barang publik murni.

Barang bersama dapat dimiliki dan diproduksi. Teori klub (Bersama) bersangkutan dengan optimalisasi output dan kemacetan biaya barang bersama. Menurut Sandier dan Tschirhart teori klub juga dapat digunakan dalam menentukan kebutuhan zonasi pengecualian; dan ukuran optimal Masyarakat. Analisis yang digunakan menampilkan model Buchanan tentang teori barang bersama. Buchanan mengasumsikan bahwa anggota individu homogen berhak mendapatkan berbagai manfaat dari biaya bersama. Sandier dan Tschirhart mengemukakan barang bersama ”sebagai kelompok yang saling menguntungkan dari berbagi hal seperti berikut: produksi karakteristik anggota atau karakteristik barang yang dikecualikan.

Model Buchanan menganggap barang publik tidak murni (X) dan barang numeraire (y). Anggota identik yang dilambangkan oleh (s) bertujuan untuk memaksimalkan utilitas (U) yang mengacu pda biaya (F), di mana (i) mewakili anggota.

Masalahnya adalah menyatakan sebagai berikut :
image
Dimana yi adalah anggota konsumsi barang swasta, dan xi=X untuk semua i, di mana xi adalah tingkat pemanfaatan anggota. Utilitas marjinal meningkat sampai titik tertentu dan kemudian menurun disebabkan kelebihan anggota yang bergabung dalam klub.

Untuk mengoptimal memerlukan kondisi orde pertama sebagai berikut :
image

Persamaan (2) mirip dengan kondisi Samuelson untuk barang-barang publik murni. Persamaan (3) menunjukkan persamaan antara manfaat marjinal dan biaya marjinal dari tambahan anggota klub. Teori klub (bersama) asli telah dimodifikasi untuk memasukkan heterogen keanggotaan dan biaya transaksi, dan efisiensi campuran.

Referensi

Prasetya, Ferry. 2012.Bagian IV: Barang Publik. FEB UB Universitas Brawijaya, Malang.