Bagaimana Konsep Aset yang dipertahankan dan Aset yang diganti?

Besar dan lamannya cash flow dari aset yang dipertahankan (defender) dan aset baru (challenger) biasanya sangat berbeda.
image

Besar dan lamannya cash flow dari aset yang dipertahankan (defender) dan aset baru (challenger) biasanya sangat berbeda. Aset baru selalu memiliki ongkos investasi yang lebih tinggi dan ongkos operasional serta perawatan yang lebih rendah dibandingkan dengan aset yang lama. Nilai sekarang dari aset yang dipertahankan adalah nilai jual dari aset tersebut yang berlaku pada saat ini, sedangkan nilai sekarang dari pengganti adalah seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan alat tersebut sampai dapat dioperasikan. Dengan demikiran, nilai sekarang dari aser pengganti meliputi: biaya pembelian alat, biaya pengadaan alat, biaya pelatihan, dan sebagainya.

Biaya yang terjadi untuk aset yang dipertahankan pada masa lalu tidak dipertimbangkan dalam analisis penggantian ini, hal ini disebabkan karena biaya tersebut tidak akan dapat tertutupi, sehingga hanya kondisi yang datang dari aset yang akan dipertimbangkan. Biaya-biaya masa lalu yang tidak tertutupi dikatakan sebagai “sunk cost”.

Rumus ekonomis dari aset yang dipertahankan dihitung dari sisa masa pakai ekonomisnya mulai analisis dilakukan, sedangkan umur ekonomis untuk aset pengganti diperoleh dari rencana penggunaan. Kriteria yang biasa dipakai dalam mengambil keputusan disesuaikan dengan sifat cash flow dan umur sisa aset serta umur analisis aset pengganti. Jika umur sisa aset lama dengan umur aset pengganti dianggap sama, analisis dapat menggunakan metode Net Present Value (NPV). Jika nilai manfaat dari kedua alternatif aset (defender dan challenger) per periodenya relatif sama, cukup digunakan analisis Present Worth of Cost (PWC) saja, dengan kriteria keputusan NPV terbesar atau PWC terkecil. Tetapi jika umur sisa aset lama tidak sama dengan umur rencana aset pengganti, metode analisis yang umumnya dipakai adalah metode Annual Ekuivalen jika cash flow, benefit dan costnya dapat diperoleh dengan lengkap, namun jika hanya cash flow cost-nya saja yang diperoleh, biasanya dipakai metode Ekuivalen Uniform Annual of Cost (EUAC) saja. Penggantian akan ideal dilakukan pada saat EUAC defender sama dengan EUAC challenger atau EUAC defender lebih kecil daripada EUAC challenger.

Referensi

Drs. M. Giatrnan, MSIE. 2006. Ekonomi Teknik. PI RAJAGRAFINDO PERSADA .