Bagaimana konsep analisis biaya manfaat dalam ekonomi publik?

Bagaimana konsep analisis biaya manfaat dalam ekonomi publik ?

Dalam ekonomi publik terdapat sebuah konsep perhitungan proyek publik yang sering digunakan, yaitu analisis biaya dan manfaat. Bagaimana konsep analisis biaya manfaat dalam ekonomi publik ?

Analisis manfaat dan biaya digunakan untuk mengevaluasi penggunaan sumber-sumber ekonomi agar sumber yang langka tersebut dapat digunakan secara efisien. Pemerintah mempunyai banyak program atau proyek yang harus dilaksanakan sedangkan biaya yang tersedia sangat terbatas. Dengan analisis ini pemerintah menjamin penggunaan sumber-sumber ekonomi yang efisien dengan memilih program-program yang memenuhi kriteria efisiensi. Analisis manfaat dan biaya merupakan alat bantu untuk membuat keputusan publik dengan mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat. Ada dua pihak yang menaruh perhatian pada analisis ini, yaitu pertama, para praktisi teknis dan ekonom yang berperan dalam mengembangkan metode analisis, pengumpulan data, dan membuat analisis serta rekomendasi. Kedua, pemegang kekuasaan eksekutif yang berwenang untuk membuat peraturan dan prosedur untuk melaksanakan keputusan publik.

Analisis manfaat dan biaya ini hanya menitikberatkan pada efisiensi penggunaan faktor produksi tanpa mempertimbangkan masalah lain seperti distribusi, stabilisasi ekonomi dan sebagainya. Analisis ini hanya menentukan program dari segi efisiensi sedangkan pemilihan pelaksanaan program berada di tangan pemegang kekuasaan eksekutif yang dalam memilih juga mempertimbangkan faktor lain. Suatu program yang efisien mungkin tidak akan dilaksanakan karena menimbulkan distribusi pendapatan yang semakin lebar. Sebaliknya program yang menimbulkan distribusi pendapatan yang semakin baik akan dipilih meskipun program tersebut tidak terlalu efisien ditinjau dari hasil analisis manfaat dan biaya.

Klasifikasi Manfaat dan Biaya


Manfaat dan biaya dapat dikelompokkan dengan berbagai cara (Mangkoesoebroto, 1998; Musgrave and Musgrave, 1989):
image
image

Metode Analisis Manfaat dan Biaya


Ada tiga metode untuk menganalisis manfaat dan biaya suatu proyek, yaitu nilai
bersih sekarang (NPB = Net Present Benefit), IRR = Internal Rate of Return), dan
perbandingan manfaat biaya (BCR = Benefit-Cost Ratio).

  1. Metode NPB (Net Present Benefit atau Nilai Bersih Sekarang)
    Nilai bersih suatu proyek merupakan seluruh nilai dari manfaat proyek dikurangkan dengan biaya proyek pada tahun yang bersangkutan dan didiskontokan dengan tingkat diskonto yang berlaku. Rumus perhitungannya adalah :

  2. Metode IRR (Internal Rate of Return)
    Metode IRR merupakan metode dengan cara menghitung tingkat diskonto (y) yang
    menghasilkan nilai sekarang suatu proyek sama dengan nol. Rumus yang digunakan adalah:
    image

  3. Metode Perbandingan Manfaat dan Biaya (BCR)
    Metode BCR adalah suatu cara evaluasi suatu proyek dengan membandingkan nilai sekarang seluruh proyek diperoleh dari proyek tersebut dengan nilai sekarang seluruh biaya proyek tersebut. Rumus yang digunakan adalah:
    image

Di bawa ini merupkan rangkuman perbandingan ketihga metode analisis manfaat biaya.
image

Referensi

Prasetya, Ferry. 2012. Modul Ekonomi Publik Bagian VI: Analisis Biaya dan Manfaat. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.