Bagaimana kondisi ketahanan pangan suatu negara yang sedang terjadi krisis?

Ketahanan pangan didefiniskan sebagai situasi terjadi ketika semua orang, setiap saat, memiliki akses fisik, sosial dan ekonomi pangan yang cukup aman dan bergizi untuk memehui kebutuhan agar tetap aktif dan sehat. Bagaimana kondisi ketahanan pangan suatu negara yang sedang terjadi krisis?

1 Like

Kejadian darurat dan negara yang terdampak krisis merupakan ancaman terhadap ketahanan pangan dan status gizi penduduk yang mengkhawatirkan. Kelompok kelompok tertentu yang sedang berperang juga memberikan dampak buruk bagi ketahanan pangan karena adanya konflik dapat menghancurkjan asset, tanaman, input pertanian, dan pasar. Ketidakamanan juga dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan mendorong urbanisasi. Infrastruktur pada wilayah yang terdampak krisis juga terbatas sehingga menghambat upaya memproduksi dan mengakses makanan serta sarana untuk membeli dan menyimpan makanan. Tantangan ini mendorong suatu wilayah harus bertaruh melawan kerawanan pangan dan mata pencaharian yang tidak tentu serta malnutrisi akut dan kronis.

sumber:
Wrabel, M., & Caiafa, K. (2019). Food Emergency Operations in Wars and Conflicts. Encyclopedia of Food Security and Sustainability, vol. 1 , 128-133.