Bagaimana kita memulai hobi astronomi untuk pemula ?

Astronomi

Astronomi adalah sebuah hobi dimana untuk mengetahui outer space secara lebih mendalam. yang saya tanyakan adalah bagaimana seharusnya para astronom memulai hobi astronominya ?

Amati Langit Malam
Astronomi adalah hobi yang dilakukan di luar ruangan. Pergilah keluar rumah di malam hari dan amati langit malam. Dengan mengamati, Anda bisa menemukan ada begitu banyak benda-benda langit. Pelajari dan ketahui nama-namanya, cari tahu juga mengenai pola rasi-rasi bintangnya.

Di era modern seperti sekarang ini, Anda bisa menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh di toko aplikasi untuk membantu Anda mengidentifikasi bintang-bintang apa yang sedang ada di langit, sekaligus mengetahui nama dan karakteristik bintangnya.

Baca Buku
Buku adalah jendela dunia. Untuk mempelajari astronomi, perbanyaklah membaca buku (bukan nonton video!). Memiliki pengetahuan yang luas tentang alam semesta dari sekadar membaca buku adalah hal yang menyenangkan. Astronomi adalah ilmu yang bisa dipelajari secara otodidak oleh siapapun.

Teleskop atau Teropong?
Rupanya, ketimbang teleskop, sebuah teropong (binokuler) cukup bagus untuk dijadikan alat pengamatan langit bagi astronom pemula. Teropong memiliki bidang pandang yang luas, sehingga memudahkan para astronom pemula dalam menemukan benda-benda langit yang ingin diamati.

Bila Anda ingin membeli teropong, perhatikan bahwa untuk pengamatan astronomi, semakin besar lensa depan sebuah teropong, maka semakin baik. Kualitas optik tinggi juga penting dan perlu diperhatikan.

Begitu Anda memiliki teropong, Anda bisa bersenang-senang dalam melihat Bulan hingga melihat bintang-bintang terang di sepanjang jalur bentangan galaksi Bimasakti di langit. Terlebih bagi Anda yang sudah bisa mengetahui letak-letak benda langit, Anda bisa melihat puluhan gugus bintang, galaksi tetangga, hingga nebula.

Bergabunglah ke Komunitas
Belajar astronomi secara mandiri memang bagus, tapi tidak ada yang lebih menarik ketimbang berbagi pengetahuan kepada sesama peminat astronomi. Carilah komunitas atau klub astronomi di daerah Anda, hubungi narahubungnya dan cari tahu kapan mereka mengadakan pertemuan atau sesi pengamatan bersama.

Dengan ikut dalam sebuah komunitas, Anda akan memiliki teman-teman baru yang bisa diajak berbicara atau berbagi terkait astronomi. Ikut komunitas astronomi juga dapat menawarkan kesempatan bagus untuk mencoba teleskop yang mereka miliki, mempelajari apa yang belum Anda ketahui, serta mendapatkan banyak ilmu baru tentunya.

Sumber : Memulai Hobi Astronomi Bagi Pemula - Info Astronomy