Bagaimana kita melihat Kecerdasan Google?

Abad ke-21 ini, teknologi sudah semakin maju. Hampir diberbagai kehidupan saat ini pasti saja dibumbui oleh teknologi. Saya pribadi selalu bertanya pada diri sendiri, dikarenakan ada pemateri ospek yang mengatakan “Google Itu Cerdas”.

Oleh karena itu, saya memerlukan jawaban atas pertanyaan bagaimana google dapat dikatakan cerdas ? :writing_hand:t2:

Google kini menjadi anak perusahaan Alphabet, perusahaan baru yang didirikan oleh dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Seperti apa Alphabet itu?
Dikutip Nextren dari blog resmi Google, Selasa (11/8/2015), Larry Page mengatakan bahwa Alphabet adalah gabungan dari banyak perusahaan, yang terbesar tentunya adalah Google.
Selain itu, Alphabet juga akan menaungi perusahaan-perusahaan teknologi lain yang fokusnya bukan hanya kepada internet, melainkan juga fokus pada hal-hal yang lebih luas, seperti kesehatan dan sebagainya.

Di antaranya adalah Life Sciences yang membuat lensa kontak mata yang bisa mendeteksi glukosa, dan Calico, perusahaan yang fokus melakukan riset soal penuaan.
Lalu, perusahaan apa saja yang saat ini berada di bawah Alphabet? Selain Life Sciences dan Calico, Alphabet akan menaungi Fiber (perusahaan internet berkecepatan tinggi), Google, Google Ventures, Google Capital, Google X, dan Nest.


Google adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi, internet dan online advertising. Kalau anda ingin tau tentang perusahaan dan sejarahnya, silahkan lihat saja tentang Google di wikipedia. Sehingga anda bisa mengerti apa itu Google secara bisnis.

Google mempunyai banyak produk seperti Google search, Google Maps, Google adwords, Google drive, Google Analytics, Google Calendar, dan masih banyak lagi. Pada artikel ini kita akan membahas lebih dalam tentang Google search, yaitu search engine ciptaan Google.

Google search adalah sebuah web search engine dimana anda bisa mencari berbagai informasi pada database world wide web. Google search dapat memberikan informasi dalam bentuk artikel pada sebuah website, video, gambar, berita dan lain-lain. Pada saat ini Google search adalah search engine terbesar di dunia, dimana pada tahun 2015-2016 kurang lebih 60-70 % pengguna internet di dunia menggunakan Google.


Cara Kerja Google & Search Engine

Ketika anda mencari sesuatu di Google search box, beberapa hal ini adalah yang harus dilakukan Google untuk menemukan informasi yang anda perlukan.

  1. Crawling. Google selalu ingin memberikan hasil yang terbaik untuk penggunanya. Oleh karena itu Google menjelajahi trilliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web. Mulai dari mana? Google selalu memulai penelusuran data-data dari website yang paling terpercaya dan berkualitas tinggi.

Biasanya website yang paling dipercaya dan dianggap berkualitas adalah website-website milik pemerintah seperti www.indonesia.go.id, www.bi.go.id dan https://id.usembassy.gov. Atau website-website yang terkenal sekarang seperti www.youtube.com, dan https://id.techinasia.com/. Tentunya masih banyak lagi website yang dianggap berkualitas dan terpercaya oleh Google.

Dari website-website yang terpercaya, Google akan menemukan link-link ke website lain. Dari website-website ini ke beberapa yang lain lagi. Sehingga bentuknya menjadi seperti jaring laba-laba yang bercabang kemana-mana. Oleh karena itu disebut world wide web.

Yang menelusuri website-website untuk mencari dokumen dinamakan spider atau crawler. Yes, laba-laba ini sebenarnya adalah sebuah program atau script yang dibuat untuk menelusuri dan mencatat isi dari jutaan website yang dikunjungi untuk ditampilkan nanti. Nama lainnya adalah web bot, web crawler, web robot, dll.

Google bot / spider menjelajahi world wide web dengan menelusuri semua link dalam satu website ke page lain atau ke website lain dan datanya dimasukkan ke dalam index. Perlu diingat ya, Google tidak melakukan crawling hanya saat ada user yang mencari informasi. Google melakukan crawling secara berkala.


  1. Indexing.
    Dokumen dan halaman yang telah ditelusuri pada proses crawling akan dimasukkan ke dalam list database milik google. Dokumen yang relevan akan dipilih dari database tersebut. Dari database inilah Google mencari informasi yang anda inginkan. Setiap ada orang mencari sesuatu di Google, hanya data dari website yang ada di index Google-lah yang akan ditampilkan sebagai search result nanti. Tapi ternyata ada ratusan ribu, bahkan hingga jutaan dokumen & data yang dapat dibilang relevan dalam index ini. Lalu bagaimana? Nah masuklah ke langkah berikutnya.

  1. Ranking. Dari jutaan halaman dan dokumen yang relevan, Google akan memberi nilai kepada masing-masing data untuk menentukan yang mana yang paling relevan dan dianggap terpercaya dan sesuai dengan apa yang anda cari. Ranking inilah yang menentukan website mana yang akan muncul di page 1, page 2, dan seterusnya. Ranking juga menentukan pada page 1, website mana yang akan berada di posisi 1, 2 dan seterusnya.

Berada di page 1 dan posisi 1 adalah kemauan setiap pemilik website. Kenapa? karena berdasarkan sebuah studi, berada di posisi 1 Google berarti anda akan mendapatkan rata-rata 32.5% dari total pengunjung pada page 1, sedangkan posisi 2 hanya 17.6% pengunjung. Kesimpulannya, makin tinggi peringkat anda di Google makin banyak orang yang berkunjung ke website anda. Kalau anda adalah sebuah bisnis, maka ini adalah sesuatu yang menguntungkan.

Lalu apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking anda di Google? Sebenarnya banyak sekali, semuanya dirangkum dalam Search Engine Optimization atau SEO.


  1. Delivering Result. Voila! Google memberikan anda hasil yang dianggap terbaik dan paling relevan, dan dia berharap orang yang mencari merasa puas dengan hasilnya.

Sumber

https://www.qilat.id/blog/apa-itu-google-dan-pengertian-search-engine

http://tekno.kompas.com/read/2015/08/12/121500831/Mengenal.Lebih.Dekat.Alphabet.Perusahaan.Pemilik.Google

Pengertian Sistem cerdas


2
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligent, AI) telah menjadi wacana umum yang sangat penting dan banyak dijumpai. Kecerdasan Buatan atau Sistem cerdas atau Intelegensi Buatan atau Artificial Inteligence merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer. Komputer tidah hanya alat untuk menghitung, tetapi diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia. Manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.

Pengertian kecerdasan buatan


3

Kecerdasan Buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John Mc Cathy, 1956)
Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987)

Kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk manusia, hewan dan mesin.
Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. ( Rich and Knight, 1991)
Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic (Metode Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks.) atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.( Encyclopedia Britannica)

Kecerdasan buatan terus menunjukkan peningkatan perbaikan yang mampu memudahkan para penggunanya ke tingkat efisiensi yang tinggi, seperti komputer modern yang cerdas mampu mengambil tugas-tugas tertentu, serta beberapa robot unik yang dapat mengerjakan kegiatan-kegiatan riil. Itu semua tergantung bagaimana sobat mendefinisikan dari keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi tersebut. Julian Huguet menangani pertanyaan besar dalam laporan DNews, yang mana penilaian yang paling terkenal dari kecerdasan buatan adalah Uji Turing yang diciptakan oleh ilmuwan terkenal Alan Turing pada tahun 1950.

Intinya jika komputer dapat berkomunikasi dengan manusia dalam konversi bahasa alami berbasis teks, maka hal tersebut dapat dikatakan penemuan yang dianggap cerdas. Memang sih tak banyak teknologi seperti ini pada jaman itu, namun di era modern ini hal tersebut dirasa sangat familiar dan banyak dijumpai di berbagai belahan dunia.

Namun teknologi yang terus dikembangkan saat ini mengarah pada peniruan otak manusia yang dari berbagai aspek, misalnya A.I. harus mampu melihat dan menafsirkan gambar, serta beberapa teknologi yang berkaitan dengan brain. Salah satu contoh sistem cerdas adalah google.

Google


Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”, dan slogan tidak resminya adalah “Don’t be evil”. Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi. Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai. Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Pichai.

Google Cerdas??

Google merupakan situs yang sering dipakai oleh banyak orang. Itulah kenapa Google disebut sebagai mesin pencari. Kita bisa melakukan apa saja yang ingin diketahui dengan membuka situs www.google.com, kemudian masukkan kata kunci yang dimaksud.

Dengan seketika berita artikel-artikel yang dimaksud akan muncul. Dengan seringnya Google dipakai sebagai mesin pencari, hal ini menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Status ini mengalahkan Facebook yang juga sering dipakai banyak orang untuk mencari.

Hal ini pulalah yang semakin membuat kita semakin dekat dengan situs pencari ini. Beragam artikel pendukung semua kata kunci memang tersedia. Dengan begitu itu akan memudahkan kita dalam melakukan pencarian. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diketahui mengapa Google bisa mencari tahu sebanyak mungkin yang ingin kita ketahui.

1. Mudah diaplikasikan oleh pemula


Untuk masuk ke dalam situs Google ini memang sangat mudah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kita hanya dipersilakan untuk mengetikkan alamat situsnya saja, dengan sekejap akan langsung terpampang layanan pencarian. Di dalamnya juga tidak diperlukan aktivasi atau pendaftaran yang terkadang membuat kita cukup pusing dan lama. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Google bisa dengan mudah mengetahui banyak hal. Hal ini tentu sangat mendukung untuk para pemula yang ingin berkenalan dengan dunia maya.

2. Jaringan yang sangat luas


Dengan hampir mempunyai jaringan di berbagai belahan dunia, hal ini membuat Google menjadi situs raksasa dalam hal pencarian. Hal ini pulalah yang mempermudah akses Google terhadap berita yang ingin kita cari karena dukungan oleh banyak server. Selain itu, teknologi yang sangat canggih juga kerap mendukung kinerja situs ini.

3. Banyak materi yang berbobot


Ketika kita mencari sesuatu di dunia maya, terkadang kita dimudahkan dengan materi yang ternyata tidak relevan. Namun dengan Google hal itu dapat diminimalisasi karena di sana banyak materi yang sangat berbobot. Dengan demikian, segala hal yang mengindikasikan kebohongan dapat dilihat dengan jelas.

4. Banyak yang mengisi konten


Rasanya tidak terlalu sulit untuk memberikan banyak informasi yang kita ketahui ke dalam dunia maya. Informasi tersebut pada akhirnya akan tersortir oleh Google sehingga akan mudah dicari oleh orang banyak. Hal inilah yang membuat mesin pencari ini banyak digunakan serta dianggap pintar. Setiap informasi yang digali oleh masyarakat memang beragam, namun berkembang sedemikian rupa. Inilah yang dinamakan informasi yang update dan Google mengharapkan hal yang demikian.

Dengan ulasan singkat tersebut, rasanya tidak salah jika menjadikan Google sebagai partner dalam sumber informasi kita. Banyak hal detail yang bisa dideteksi olehnya. Hal ini tentunya akan memberikan banyak kemudahan bagi kita.

Sumber