Bagaimana kisah Robert Francis Van Wisse sebagai salah satu buronan FBI?

Kabarna Robert Van Wisse dimasukkan ke dalam daftar buronan paling dicari pada 13 Desember 2016 terkait kasus penyerangan seksual dan pembunuhan sadis di Austin, Texas pada September 1983. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai buronan ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, peristwia tersebut bermula pada saat Laurie Stout dan suaminya yang bekerja sebagai petugas kebersihan datang ke sebuah gedung untuk menjalankan pekerjaan mereka.

Pada pukul 08.30 keesokan paginya, tubuh tanpa nyawa Laurie ditemukan di sebuah kamar mandi pria di lantai dua gedung itu. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Laurie diperkosa terlebih dahulu sebelum dibunuh. Semua orang di gedung itu kemudian ditanyai termasuk Van Wisse yang saat itu berusia 18 tahun dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Texas.

Dia sempat menjalani tes DNA dan pemeriksaan sidik jari, tetapi kemudian dilepaskan karena minimnya bukti. Pada 1992, kasus itu kembali dibuka dan penyidik menemukan hasil tes DNA Van Wisse tak akurat karena teknologi yang saat itu masih belum canggih.

Setelah kasus ini dievaluasi kembali, aparat hukum menetapkan Van Wisse sebagai tersangka utuama. Pada 13 Desember 2016, Van Wisse menjadi orang ke-511 yang masuk ke dalam daftar 10 buronan yang paling dicari FBI.

Namun pada 26 Januari 2017, Van Wisse menyerahkan diri kepada aparat hukum AS di Laredo, Texas tak jauh dari perbatasan dengan Meksiko.

Referensi: https://internasional.kompas.com