Bagaimana Kisah Awal Mula Kali Lanang yang terletak di Jawa Timur ini?

Di balik keindahan dan sejuknya Kota Wisata Batu, ternyata masih menyimpan segudang misteri hingga kini. Salah satu kisah misteri yang terkenal di masyarakat Batu ialah misteri Kali Lanang, sebuah sungai yang memisahkan dua buah dusun di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Satu-satunya akses penghubung dua dusun ini adalah sebuah jembatan layang yang selesai dibangun pada sekitaran tahun 2008. Sebelum ada jembatan tersebut, pengguna jalan harus berputar turun menyisir tepi sungai yang nantinya akan melewati jembatan kecil yang hanya bisa dilewati satu mobil. Apa sobat diskusi pernah mendengar kisah dari kali lanang batu ini?


Kali/sungai tersebut berhulu dari sumber air Lanang yang berada jauh dari Jembatan Kali Lanang. Konon terdapat mitos bahwa dulu sumber tersebut keluar dari alat kelamin (jaladwara) seorang laki-laki, sehingga disebut dengan Kali Lanang. Dan konon hingga kini sungai itu dijaga oleh makhluk gaib bernama Mbah Kabul Joyo Sampurno. Arca dari Jaladwara itu sendiri sudah hilang, perkiraan hilangnya Arca itu sendiri terjadi pada sekitaran tahun 1948, konon arca tersebut berasal dari zaman Majapahit.