Bagaimana Kisah Asli mengenai Rumah Darmo Surabaya?

image

Rumah Hantu Darmo yang terletak di Jalan Puncak Permai II nomor 26, Sukomanunggal, Surabaya merupakan salah satu urban legend yang terkenal. Berbagai versi kisah mistis mengiringi keberadaan rumah tersebut yang memang terlihat menyeramkan dari luar maupun di dalam rumah angker tersebut. Rumah yang sangat luas itu kondisinya sekarang sudah tidak terawat. Semak belukar pun tumbuh tak hanya di bagian halaman rumah, tapi juga bagian dalam rumah yang berda di lantai 1, lantai 2, maupun lantai bawah. Pagarnya pun juga tidak ada, dan temboknya saja yang kondisinya sebagian miring. Tulisan berbagai warna warni cat, tersebar hampir di seluruh pilang dan tembok. Wah serem juga ya… ada yang memiliki pengalaman mistis ketika melewati rumah tersebut?

image
Konon kabarnya, rumah ini ditinggalkan dan dibiarkan kosong selama kurang lebih 15 tahun. Cerita yang beredar di masyarakat Surabaya, bahwa penghuni Rumah Hantu Darmo ini dibunuh oleh Jin, karena mereka memiliki perjanjian dengan Jin tersebut dalam ritual pesugihan. Konon, penghuni rumah ini diberi kekayaan yang sangat banyak selama mereka bisa menyediakan tumbal manusia setiap malam jum’at.

Suatu ketika, keluarga penghuni rumah ini ingin berhenti melakukan pesugihan dan tidak ingin memberikan tumbal lagi. Mereka pun akhirnya pergi meninggalkan rumah ini kesuatu tempat jauh mengunakan kapal laut.
Namun dalam perjalanan meninggalkan rumah tersebut, kapal yang mereka tumpangi terkena musibah dan tenggelam, dan konon tenggelamnya kapal tersebut terdapat campur tangan si Jin tempat mereka meminta kekayaan terseebut. Namun hingga sekarang bangkai kapal tersebut belum ditemukan.

Selain itu, ada juga cerita bahwa setelah rumah tersebut ditinggalkan, masih ada dua orang yang menetap di rumah itu yaitu seorang pembantu dan baby sitter berusia sekitar 25 tahun. Kabarnya, kedua orang tersebut mati dibunuh namun pembunuhnya sampai sekarang belum diketahui. Sejak saat itulah, rumah besar dan megah ini kosong dan menjadi angker, ditambah lagi pada tahun 1997 rumah ini mengalami kebakaran yang hebat dan tidak ada seorang pun yang tahu apa/siapa penyebab dibalik kebakaran rumah tersebut.