Bagaimana keseruan Sandboarding di Gumuk Pasir Parangtritis?

image

Tak perlu jauh-jauh terbang ke Amerika Serikat atau Tiongkok jika ingin merasakan eksotisme pemandangan ala gurun pasir Mojave maupun Gobi. Di kawasan Bantul, panorama serupa bisa dinikmati dengan mengunjungi daerah Gumuk Pasir Parangtritis.

Sesuai dengan namanya, Gumuk Pasir Parangtritis terletak di dekat kawasan Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Akses menuju ke sana juga tidak terlalu sulit karena jalanan di sekitarnya sudah diaspal, sangat mudah dilalui kendaraan. Kemungkinan nyasar juga kecil karena area Gumuk Pasir lumayan luas dan hampir semua warga sekitar bisa memberikan petunjuk arah.

Bagaimana keseruan sandboarding di lokasi ini?

image

Gumuk Pasir Hadirkan Sensasi Mirip Mesir dan Australia

Sandboarding termasuk olahraga ekstrem yang mirip dengan snowboarding. Hanya saja alih-alih meluncur di daerah pegunungan yang dilapisi salju, aktivitas ini dilakukan di kawasan kering yang memiliki banyak gundukan pasir.

image

Olahraga sandboarding sudah cukup lama populer di kalangan pencinta olahraga ekstrem seluruh dunia. Lokasi yang sering dijadikan tempat meluncur antara lain Australia, Namibia, dan Mesir. Namun bagi para warga Bantul, cukup mengunjungi Gumuk Pasir Parangtritis untuk merasakan sensasi serupa.

Begitu sampai di lokasi, redaksi Travelingyuk langsung disajikan pemandangan sebuah keluarga yang tengah asyik meluncur dengan papan di atas permukaan pasir. Terlihat sosok instruktur yang mengarahkan mereka untuk tetap berada di gundukan berketinggian rendah demi alasan keamanan. Alhasil, ibu maupun anak sekalipun bisa menikmati aktivitas sandboarding sembari bercanda tawa.

Peralatan yang digunakan cukup sederhana, hanya berupa sebuah papan seluncur kecil mirip skateboard namun tanpa menggunakan roda. Di atasnya terdapat dua strap khusus untuk menempatkan kaki.