Bagaimana Kepribadian yang Terbuka dan Suka Memberi Umpan Balik?

kepribadian yang terbuka690x320

Orang yang terbuka adalah orang yang menyenangkan dan tidak salah jika orang lain menyukai sikap yang terbuka. Sikap keterbukaan dapat mewujudkan sikap saling memahami, menghormati, menghargai, dan bekerja sama. Contoh dari sikap terbuka yaitu mau menerima saran dan kritik dari orang lain.

Sering kali kita mendapat kritikan, lalu mengabaikannya. Padahal sebenarnya kritikan adalah masukan, pendapat dari orang lain terhadap kita yang tujuannya adalah kebaikan.

Kritik merupakan sebuah usaha untuk menunjukkan suatu hal yang dilihat atau dinilai dari sisi kekurangannya, dengan tujuan yang baik, yaitu supaya hal yang menjadi kekurangan tersebut dapat diperbaiki.

Maka dari itu, kita harus berfikir positif terhadap suatu kritikan yang diberikan oleh orang lain. Kritikan juga sebagai evaluasi. Sebagai contoh, kita akan merenung dan introspeksi terhadap diri sendiri setelah mendapat kritikan dari orang lain.

Untuk menerima kritikan bukanlah hal yang mudah. Kalau kita tidak bisa dan tidak mau menerima kritik dari orang lain, maka sama saja dengan kita menghambat diri kita untuk berubah menjadi yang lebih baik.

Orang yang sukses akan menerima kritikan, entah itu dari teman, orang yang lebih tua, orang yang tidak dikenal, atau bahkan dari pesaing sendiri. Orang yang sukses akan terbuka dan menerima segala masukan, kritikan yang diberikan oleh orang lain, meskipun kritikan tersebut bersifat jujur, tegas, dan terkadang menyakitkan.

Saling mengingatkan apabila ada yang berbuat salah juga merupakan sikap terbuka. Jika kita mengetahui teman kita atau orang lain berbuat salah, maka sikap yang harus kita lakukan adalah mengingatkan.

Orang yang sukses biasanya akan memberikan umpan balik. Yang dimaksud umpan balik, sebagai contohnya adalah ketika kita meminta bantuan terhadap orang lain lalu orang tersebut membantu, suatu saat orang tersebut meminta bantuan kepada kita, kita membantunya.

Memberi ucapan terima kasih, menerima saran dan kritikan juga merupakan contoh umpan balik. Menganggukkan kepala saat diberi saran dan kritikian juga termasuk umpan balik.

Menurut Joel Peterson yang merupakan bos JetBlue, salah satu penyedia penerbangan terbesar di Amerika, memberikan saran yang membangun bisa dilakukan dengan 4 hal dasar seperti berikut:

  1. Beri saran yang jelas. Ketika memberikan umpan balik, banyak orang yang hanya berusaha memberikan gambaran besarnya,

  2. Memberikan pujian jika ada perkembangan. Menurut Joel Peterson, memberikan pujian terhadap sebuah prestasi akan memberikan dampak yang lebih baik pada karyawan daripada menghukum ketika mereka melakukan kesalahan. Ketika ingin memberikan umpan balik pun, ada baiknya kita mulai dengan memberikan pujian, tentunya kalau mereka memang sudah sedikit berkembang dari sebelumnya.

  3. Menjadi tegas jika tidak ada perkembangan. Kalau memang karyawan tidak menunjukkan perkembangan sama sekali, kita harus bersikap tegas. Jangan memberi pujian ketika mereka tidak berkembang. Kita juga harus tanyakan alasan kenapa mereka tidak bisa berkembang, dan membantu mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  4. Membuat mereka berkembang. Kemampuan untuk berempati adalah kemampuan dasar yang diperlukan apabila kita ingin memberikan saran yang bermanfaat. Bantu untuk mengetahui jalan yang dibutuhkan untuk meraih perkembangan, puji ketika mereka berkembang, tegas apabila mereka tidak bisa berkembang, dan yang paling penting menurut Joel Peterson, kita harus melakukannya di waktu yang tepat. Ketika kita memberikan umpan balik tepat setelah mereka melakukan tugasnya, mereka akan merasa bahwa kita perhatian dengan mereka. Hal tersebut akan memotivasi mereka untuk terus berkembang.

Sikap terbuka itu penting, apabila kita selalu menyembunyikan sesuatu dan bersikap tertutup, kita akan selalu merasa bahwa kita itu sendiri, merasa tidak diperlukan orang lain, karena kita makhluk sosial jadi kita pasti akan membutuhkan orang lain.

Umpan balik juga penting, karena umpan balik menunjukan kepada orang lain bahwa kita juga peduli kepadanya. Umpan balik juga menunjukan bahwa kita menghargai pendapat orang lain. Dengan itu kita akan tahu apa yang mungkin perlu diperbaiki, sehingga dapat menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

Susilo Bambang Yudhoyono memiliki dua orang anak. Setelah anak-anaknya dewasa seringkali Beliau menggelar forum keluarga. Pada saat itulah beliau meminta masukan bahkan memberi kritik pada dirinya. Forum tersebut dibangun untuk menciptakan komunikasi efektif dan berkualitas di tengah keterbatasan waktu untuk berkumpul. Di sisi lain, beliau juga ingin menanamkan secara dini kepada kedua anaknya untuk bersikap terbuka. Terbuka dalam mengutarakan pendapatnya, sekaligus forum untuk bisa menerima pendapat dari orang lain.

Referensi:

[details=Summary]1. http://www.hipwee.com/motivasi/saat-kritik-datang/
2. https://studentpreneur.co/blog/cara-memberikan-feedback-yang-membangun/
3. https://books.google.co.id/books?id=TJOvJVMuRcgC&pg=PA36&lpg=PA36&dq=tokoh+dunia+yang+bersikap+terbuka&source=bl&ots=sQaG3DHQYL&sig=LXZCXzdbYDDRy-YHY1F3NUM6Lok&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj-xOODq8fPAhUkTo8KHcNhA5MQ6AEIKTAD#v=onepage&q&f=false
4. http://mihape.blogspot.co.id/2011/10/ciri-orang-terbuka-sanguin.html
5. http://www.g-excess.com/contoh-sikap-terbuka-dalam-kehidupan-bermasyarakat.html[/details]