Bagaimana kepemimpinan Mark Bristow: CEO Randgold Resources ?

Dr. Mark Bristow adalah pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) dari Randgold Resources sejak Oktober 1995. Ada 2 versi dari Mark Bristow. Dalam satu hari, dia adalah eksekutif dengan jas dan dasi, namun dihari selanjutnya dia adalah seorang geologist yang berdiri diantara sekelompok penambang dan insinyur industri, dikelilingi oleh gundukan tanah dan batu.

Mark Bristow

Randgold, merupakan pelopor pertumbuhan perusahaan melalui penemuan dan pengembangan aset kelas dunia menjadi bisnis penambangan emas utama. Juga telah memainkan peran penting dalam mempromosikan munculnya industri pertambangan yang berkelanjutan di Afrika.

Mark mendirikan Randgold Resources pada tahun 1995 atas dasar karya eksplorasi perintisnya di Afrika Barat dan telah mengatasi banyak hambatan untuk membawa bisnis ini ke tempat yang sekarang, yang merupakan salah satu perusahaan industri pertambangan emas paling dihormati. Hal tersebut dimulai dengan akusisi perusahaan milik Syama. BHP telah berkelana ke pertambangan emas di Afrika Barat dan mengembangkan tambang emas kecil di Mali Selatan. Mereka mengalami masalah sosial dan ketenagakerjaan besar dan memutuskan untuk mundur, dan Mark meyakinkan mereka bahwa pada dasarnya Randgold mengambil sumber daya untuk mereka juga dengan mendanai mereka. Yang akan beralih dari perusahaan eksplorasi kecil ke perusahaan operasi besar.

Eksplorasi adalah perusahaan asal dan masih merupakan mesin yang mendorong pertumbuhan Randgold. Pada tahun 1997, Mark mendaftarkan Randgold Resources di London Stock Exchange. Perusahaan mengumpulkan $82 juta tapi harga emasnya ambruk. Sebenarnya, perusahaan telah menetapkan untuk mengumpulkan dana sebesar $150 juta dan harus mengulanginya tiga kali di roadshow pra-daftar. Saat tersebut adalah saat yang menantang bagi perusahaan pertambangan emas. Randgold melewatinya berkat Morila dan hubungan yang dimiliki Mark dengan para krediturnya.

“Saya menjelaskan kepada mereka bahwa proyek itu sangat penting, dan mereka percaya akan hal itu dan mereka meminjamkan saya $100 juta secara non-recourse di tingkat proyek” Mark Bristow.

Bagi seseorang yang bergaul dengan baik dengan orang banyak yang berbeda, Mark mengatakan bahwa:

“Kesuksesan perusahaan dalam memasuki dekade ketiga operasinya adalah keenganannya untuk mengikuti kelompok tersebut.” Mark Bristow.

Dengan strategi dan mental individunya, perusahaan telah berhasil menghingdari yang terburuk dari periode hiruk pikuk penambangan logam. Strategi dari Mark Bristow adalah terus memberikan. Perusahaan yang telah dibangun lebih dari 21 tahun dengan strategi jangka panjang yang konsisten unuk menciptakan nilai nyata melalui penemuan deposit emas multi-juta dan perkembangannya menjadi tambang kelas dunia yang menguntungkan. Ketika Randgold pertama kali bertekad membangun perusahaan pertambangan emas yang berfokus pada afrika dan memberi nilai bagi semua stakeholder, hal tersebut menjadikan kesinambungan fondasi model bisnis dari Randgold. 21 tahun kemudian, terlihat jelas bagaimana komitmen tersebut berdampak positif pada margin keuntungan perusahaan dan perkembangan negara tuan rumah dan komunitas.

“Dengan proyek modal besar kami yang hampir selesai dan biaya profil yang cukup rendah, Randgold benar-benar bisnis yang menguntungkan, dan mampu memberikan nilai bagi semua stakeholder.” Mark Bristow 2016.

Kesuksesan Randgold telah dibangun diatas kemitraan yang saling menguntungkan dan telah dikembangkan dengan semua pihak yang terlibat atau terpengaruh oleh bisnisnya. Pemerintah dan orang-orang dari negara tuan rumah, Afrika terutama diantara mereka stakeholder. Hal tersebut adalah dukungan dan kerjasama mereka yang memungkinkan Randgold dibangun dan dioperasian pada tambang di beberapa bagian terjauh di dunia. Negara Afrika memiliki hal yang bisa menekan dan kadang menguji perusahaan. Percaya saja bahwa hubungan Perusahaan dengan negara tersebut cukup kuat.

Mark telah membuktikan selama bertahun-tahun bahwa perusahaan Randgold berada disana tidak untuk mengeksploitasi negara tersebut, namun juga unuk membuka nilai sumber daya mineral mereka sehingga semuanya dapat diuntungkan antara perusahaan dan negara itu sendiri.

“Sementara banyak pesaing kami di industri ini yang telah berjuang dalam cengkraman pasar, kami mencapai apa yang mungkin merupakan tahun terbaik kami” Mark Bristow.

Bagaimana pendekatan kemitraan telah membantu Randgold Resources berhasil mengembangkan 5 tambang di Afrika. Pertambangan selalu menjadi industri yang kompleks Ada berbagai macam stakeholder dan kepentingan yang dilakukan, mulai dari sosial hingga ekonomi, lingkungan hingga politik. Tantangan ini semakin meningkat saat beroperasi di lingkungan yang tidak stabil secara sosialdan politik. Namun semua tantangan tersebut bisa dilalui dan dilakukan oleh Mark Bristow, tidak ada yang lebih mengerti hal tersebut lebih baik dari CEO Randgold Resources, Mark Bristow.


Sumber:
http://www.theceomagazine.com/business/mark-bristow-august-2014/
http://www.randgoldresources.com/our-strategy
http://www.miningglobal.com/top-10/mark-bristow-ceo-randgold-resources

bristow

Mark Bristow merupakan kepala penambang Afrika Randgold Resources yang mampu meyakinkan para pemegang saham saat menunjukkan grafik angka pertumbuhan perusahaan, selain itu ia juga terpoles dan terpercaya yang dapat menghargai strategi perusahaan yang baik serta mampu menghasilkan keuntungan jenis pemimpin yang banyak disukai oleh para pemegang saham. Menjadi CEO sebuah perusahaan seperti Randgold Resources membutuhkan kecakapan eksekutif dan kompetensi atas dasar yang Mark tampilkan secara reguler. Mark mengatakan Randgold Resources didirikan berdasarkan pemahaman bahwa pertambangan adalah industri multifaset, dan yang harus menjaga kebutuhan semua Stakeholder

Mark memiliki rencana bisnis dengan 3 pilar yakni, berbagi nilai dengan Stakeholder, membangun kemitraan yang kuat serta menciptakan warisan ekonomi jangka panjang untuk komunitas pertambangan. Keseluruhan filosofi Randgold yaitu menciptakan kembali nilai bagi seluruh Stakeholder karena ia menyadari bahwa negara tuan rumah dan warganya sama-sama sebagai Stakeholder penting sebagai pemegang saham , dan inilah formula yang membedakan mereka dari pesaingnya.

Mark mendirikan Randgold Resources pada tahun 1995 atas dasar karya eksplorasi perintisnya di Afrika Barat. Bagi seseorang yang bergaul dengan baik dengan orang banyak yang berbeda, Mark mengatakan bahwa kesuksesan perusahaan dalam memasuki dekade ketiga operasinya adalah keengganannya untuk mengikuti kelompok tersebut. Dengan strategi dan mental individunya, perusahaan telah berhasil menghindari yang terburuk dari periode hiruk pikuk penambang logam.

Mark menjelaskan. Apa yang ia lakukan adalah membangun sebuah perusahaan emas yang selalu menguntungkan dengan menetapkan tujuan jangka panjang, dan tidak tergoda oleh gerakan kuartal. Karena tidak mungkin bisa menjalankan perusahaan publik dan mengalahkan diri Anda setiap kuartal. Para analis telah sepakat bahwa produksi logam mulia akan terus menurun karena penurunan proyek dan eksplorasi baru, terlepas dari potensi kenaikan harga emas. Sementara itu, industri pertambangan emas telah dilumpuhkan dengan hutang agregat US $ 47 miliar, atau hampir lima puluh kali lipat angka 10 tahun yang lalu.

Dalam menghadapi kondisi pasar yang sulit, Randgold terus berinvestasi di bidang ekowisata dan eksplorasi ladang coklat sepanjang tahun 2015 dan tetap berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target dan memenuhi janjinya kepada para Stakeholder.

“Mudah untuk mencapai semua ini saat bintang sejajar, tapi jauh lebih sulit di lingkungan yang ditantang seperti ini, jadi saya sangat bangga dengan hasil kami. Mereka adalah produk dari upaya meluas yang melihat perbaikan di seluruh papan” - Mark.

Pada akhir 1996, Randgold membuat penemuan besar pertamanya, yang menjadi tambang emas Morila di Mali yang merupakan salah satu perusahaan emas paling menguntungkan dalam 2 dekade terakhir. Tahun berikutnya, Randgold Resources tercatat di London Stock Exchange dan mengumpulkan US $ 82 juta karena harga emasnya ambruk. Perusahaan juga terlibat dalam akuisisi mikro bermusuhan pada 2009 untuk membeli tambang emas Kibali miliknya. M & A telah menyebabkan beberapa masalah di industri ini, karena telah sering digunakan untuk pertumbuhan daripada mengembangkan penciptaan nilai internal, melepaskan jaring pengaman yang diperlukan agar tidak runtuh begitu harga emas dicelupkan.

Dengan pilihan kesempatan M & A yang menipis, fokus Randgold telah beralih untuk mengkonsolidasikan jejak eksplorasi di seluruh wilayah pilihannya, serta memperoleh lahan di Senegal Timur, Mali Barat, Pantai Gading Utara dan Republik Demokratik Timur Utara Kongo. mereka melakukan eksplorasi besar di wilayah tersebut, dan mereka berhasil mengamankan banyak lahan, Eksplorasi sebenarnya adalah blok bangunan perusahaan ini , Melalui ini mereka mendirikan 4 dari 5 tambang yang beroperasi hari ini.

Strategi jangka panjang Randgold untuk menciptakan nilai nyata melalui penemuan situs baru dan perkembangannya menjadi tambang yang menguntungkan tidak hanya menjamin dividen berkualitas bagi para pemegang saham, namun juga memainkan peran besar dalam pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara induk yang merupakan sebuah kunci pilar ke tujuan keberlanjutan perusahaan. Selain itu bermitra dengan kontraktor lokal di masing-masing wilayah pertambangan juga membantu Randgold melewati masa-masa sulit.

Randgold memiliki Taktik konsrvatif yakni randgold mengelola modalnya secara lebih konservatif daripada para pesaingnya dengan harga asumsi $ 800 per ons, memaksa perusahaan tersebut menjadi sangat efisien, serta mendukung profitabilitasnya yang luar biasa. Mereka dapat menghasilkan uang dan bertahan dari penurunan. ia tidak khawatir harga emas akan jatuh untuk waktu yang lama, setidaknya tidak dalam jangka pendek. Menurut Bristow, negara-negara maju merendahkan mata uang mereka dengan mencetak uang untuk menggali diri dari resesi setelah krisis perbankan. Hal itu menyebabkan krisis kepercayaan, yang telah mendorong harga emas karena investor mencari aset yang akan mempertahankan nilainya.

Randgold tidak membayar suap, dan tidak akan melakukan bisnis dengan para diktator. Randgold dan Bristow telah menjadi begitu saling terkait selama bertahun-tahun sehingga sulit untuk membayangkannya tanpa yang lain. Tapi dia mengatakan: “Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Selama pemegang saham menginginkan saya, saya mungkin akan bertahan.”

Referensi :

  1. http://www.theceomagazine.com/business/mark-bristow/
  2. https://www.theguardian.com/business/2011/may/06/mark-bristow-randgold-interview

Mark Bristow

Profil Tokoh :
Mark Bristow adalah pendiri sekaligus CEO dari Rangold Resources. Seorang pemimpin visioner yang menggabungkan wirausaha yang berwawasan dengan jumlah philanthropy yang mengesankan. Bristow dididik di Afrika Selatan. Dia juga belajar geologi di Afrika Selatan dan berhasil memperoleh gelar Master dan gelar Ph.D. Dahulunya ia adalah seorang peneliti dan sekaligus anggota junior fakultas di salah satu universitas di Afrika Selatan. Dia kemudian bergabung dengan industri pertambangan pada tahun 1986.

Profil Perusahaan :
Mark Bristow beruntung karena bisa berada pada tempat yang tepat di waktu yang tepat. Pada tahun 1992, dengan semua perubahan yang terjadi di Afrika Selatan, rumah pertambangan besar di Afrika Selatan sudah melepas diri. Kesempatan emas ini dijadikan peluang oleh Bristow untuk mengelola perusahaan tambang emas tersebut. Dengan bantuan sekelompok orang, mereka berhasil merestukurisasi perusahaan tersebut dengan bantuan seorang investor dari London. Dan dari sana tumbuh beberapa perusahaan resources akibat peristiwa itu.

Pada masa itu, Afrika Selatan belum dieksplorasi setelah kemerdekaannya. Hal inilah yang menjadi kesempatan besar bagi Bristow untuk menciptakan perusahaan swasta bernama Rangold Resources. Perusahaan tersebut dibangun dengan memiliki impian untuk membangun perusahaan emas murni yang berfokus pada Afrika berdasarkan eksplorasi, penemuan, dan pengembangan. Pada tahun 1995, Rangold Resources berhasil mengumpulkan $10 juta ekuitas pribadi dan mulai untuk mengeksplorasi.

Langkah selanjutnya dalam perjalanannya merintis Rangold Resources, Bristow mengambil pendidikan lanjutan di bidang pertambangan. Bristow selalu memiliki visi untuk perusahaannya menjadi lebih besar. Pada awal tahun 1990an, Rangold Resources masuk ke daerah Kongo dimana merupakan daerah dengan wilayah emas potensial ketiga terbesar yang ada dan memulai proyek emas terbesar mereka disana.

Dream Big,Think Big
Filosofi inilah yang diadopsi oleh Bristow dalam membangun perusahaan Rangold Resources. Dalam 15 tahun sejak mereka memulai, mereka telah menemukan lebih dari 30 juta ons emas yang dapat ditambang di beberapa tambang emas dalam waktu yang singkat. Pemikiran Bristow yang besar dan mampu melihat peluang yang ada adalah kunci keberhasilannya dalam membangun perusahaan Rangold Resources sehingga bisa sukses seperti saat ini.

Menciptakan perusahaan yang tidak hanya menguntungkan pemegang saham
Tidak semua perusahaan mampu melaksanakan seperti yang Brisotow lakukan. Gagasan untuk menciptakan nilai bagi stakeholder dan bukan hanya kepada pemegang saham adalah gagasan yang menarik. Bristow menguraikan visinya mengenai perusahaan Rangold Resources dan perannya dalam pengembangan Afrika :

“Untuk menjadi sukses di Afrika, anda harus berbagi nilai deposit emas dengan semua pihak yang tertarik dan terkena dampak. Anda perlu membayar pajak kepada pemerintah , anda perlu mengembangkan masyarakat dan menyediakan lapangan kerja, dan anda perlu mengembangkan keterampilan masyarakat. Kami telah menciptakan sekitar 9.000 pekerjaan di Afrika sejak kami pertama kami memulai perusahaan ini. Kami telah membayar sekitar $ 900 juta pajak. Kami telah membagikan dividen dan menciptakan nilai kami bagi pemegang saham. Kami telah membangun sebuah waralaba yang orang Afrika tahu dan inginkan di negara mereka.”, ujar Mark Bristow.

Tidak setiap perusahaan memiliki tingkat keberhasilan untuk berbagi hasil rampasannya dengan orang lain. Tidak semua pemimpin memiliki visi seperti yang dimiliki Dr. Bristow untuk Randgold dan Afrika.

Menciptakan startegi yang baik
Dalam menyusun strategi, dua pertimbangan harus ada dalam pikiran seseorang. Pertama, anda harus memperhitungkan siklisitas pasar emas yang tak terelakkan. Kedua, karena pertambangan merupakan bisnis konsumtif, anda harus membuat ketentuan yang memadai untuk penggantian aset yang habis.Penting juga jika anda memilih area yang akan anda operasikan dengan hati-hati dan memilih tim yang paling siap untuk menghasilkan hasil yang memuaskan di lapangan. Anda harus ingat bahwa pertambangan adalah bisnis yang kompleks, sering dilakukan dalam domain yang menantang. Tim anda harus menguasai berbagai keterampilan manajerial, dan juga pola pikir yang disesuaikan dengan tujuan ini.

Nilai sebenarnya dalam industri pertambangan emas diciptakan hampir secara eksklusif dengan menemukan endapan kelas dunia dan mendanai pengembangan mereka ke tambang yang menguntungkan.

Memahami siklus
Salah satu hal menarik tentang siklus ini adalah bahwa ia menawarkan kesempatan pada tahap apapun. Jika Anda membuat penemuan besar di siklus, misalnya, siklus akan memberikan nilai luar biasa pada puncaknya. Itulah sebabnya mengapa salah arah dapat menciptakan penurunan eksplorasi.

Referensi :