Bagaimana kepemimpinan Lars Rasmussen : CEO Coloplast ?

Rasmussen

Lars Rasmussen merupakan Chief Executive Officer (CEO) dan Presiden baru yang mnggantikan Sten Scheibye yang telah menjadi CEO selama 13 tahun di Perusahaan tersebut. Lars Rasmussen ditunjuk oleh pihak Pembuat Produk Kesehatan Denmark Coloplast pada tanggal 1 Oktober 2008. Rasmussen telah bergabung dengan Coloplast sejak tahun 1988.

Pada tahun 1989 Lars Rasmussen menjadi Factory Manager di fasilitas produksi Coloplast di Thisted sebelum pindah ke kantor pusat perusahaan pada tahun 1993.kemudian pada tahun 1996, Lars Rasmussen menjadi bagian dari tim manajemen global di kantor pusat, dan pertama, saya bertanggung jawab atas franchise perawatan Continence Coloplast dan kemudian merawat Ostomy dan kemudian pada tahun 2001 ia menjadi anggota manajemen eksekutif dan kemudian ia ditunjuk sebagai chief commercial officer yang bertanggung jawab atas penjualan, pemasaran dan pengembangan produk sebelum ia ditunjuk sebagai CEO dan president.

Coloplast merupakan perusahaan perangkat medis global terkemuka. Bisnisnya meliputi perawatan ostomy, urologi dan kontinuitas, dan perawatan luka dan kulit yang mempekerjakan lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia dan menjual produknya di lebih dari 130 pasar di seluruh dunia.Coloplast merupakan perusahaan yang berkembang di semua wilayah geografis dan di semua area bisnis.

“Keuntungan Coloplast harus ditingkatkan, tidak sedikit dengan menyadari manfaat yang telah kami dapatkan dari memindahkan produksi ke Hungaria, Itu adalah tugas yang signifikan, dan akibatnya, Dewan Direksi dan saya telah sepakat bahwa sekarang saatnya untuk perubahan.” - Chief Executive Scheibye

Dalam sebuah bisnis yang dibebani dengan banyak kasus litigasi, Perusahaan tersebut mengadakan hari pasar di kantor pusat Amerika Serikat. di Minneapolis untuk mengumumkan rencananya. Pembuat perangkat asal Denmark berencana untuk menumbuhkan loyalitas merek dan memperluas pengetahuan tentang inovasi baru dengan langsung menjangkau konsumen dari produk pilihan pasiennya, seperti produk colostomy dan incontinence. Perusahaan juga berencana untuk membayar ratusan juta di permukiman legal untuk menyelesaikan pertanggungjawaban atas vaginal-mesh device sambil memperkuat catatan keselamatan produknya dengan data yang diberikan ke Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat

Salah satu pesaing terbesar Coloplast (Astora Women’s Health, di Eden Prairie) baru-baru ini ditutup yang dimana Astora memiliki pangsa pasar di 20-an. Fakta bahwa mereka telah menutup waralaba mereka berarti bahwa pangsa pasar akan didistribusikan di antara perusahaan yang tersisa. Dan tentu saja ini adalah kesempatan bagi kita semua. Ucap Lars Rasmussen.ia juga mengatakan bahwa berada di area bisnis ini karena ia berfikir dapat membuat perbedaan positif. Coloplast memiliki produk di pasaran yang telah diluncurkan setelah ijin keamanan keluar dari FDA. Itu berarti FDA menyetujuinya. FDA juga mengatakan bahwa produknya baik untuk dijual maka dari itu Coloplast merasa bahwa produknya aman dan berguna.

Coloplast berencana membayar 4,5 miliar kroner Denmark (atau $ 686 juta USD) kepada orang-orang yang menuntut perusahaan tersebut karena dugaan cedera terkait jala, tetapi tidaklah mudah membayarnya Faktanya, orang menjalani kehidupan dengan kualitas hidup yang mengerikan jika mereka tidak memiliki akses terhadap jenis produk ini, dan itulah sebabnya Coloplast menjualnya. Itulah penyebab mengapa dokter melakukan implan. Semua orang di dunia sekarang ini tahu ada risiko terhadap perlakuan apa pun yang sudah diterima. Dan ia berfikir untuk area bisnis atau area produk yang spesifik ini, jauh lebih jelas daripada area produk lainnya
.
Dalam hal ini Investasi sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Pada Coloplast terdapat 2 area spesifik yang akan diinvestasikan pada Minnesota dan juga seluruh Amerika Serikat. Terdapat perawatan luka dan penjualan di Amerika Serikat. Jadi Amerika Serikat saat ini menjadi puncak prioritas investasi Coloplast di tahun-tahun mendatang. “Kami adalah pemimpin pasar di kateter, tapi kami ingin menjadi pemimpin pasar di perawatan ostomi dan perawatan luka. Dan kita harus berinvestasi untuk menjadi pemimpin pasar. Jadi itulah yang kita investasikan. Ini adalah strategi pertumbuhan yang kita sajikan. Saya pikir ini sangat positif. Kami sejauh ini adalah pemimpin pasar secara global, dan tetap saja kami berharap bisa tumbuh 7 persen” ucap Lars Rasmussen

Referensi :

  1. http://www.startribune.com/sunday-conversation-with-lars-rasmussen-pitching-medical-devices-to-consumers/384309441/
  2. http://www.reuters.com/article/us-trade-nafta/mexico-president-vows-to-defend-nafta-nations-dignity-idUSKCN1BD0TS
  3. https://www.linkedin.com/in/lars-rasmussen-b048888
1 Like

Lars Rasmussen telah bergabung dengan Coloplast sejak tahun 1988 dan menjadi anggota manajemen eksekutif sejak tahun 2001, yang terakhir sebagai chiel commercial officer yang bertanggung jawab atas penjualan, pemasaran dan pengembangan produk. Dan pada tanggal 1 Oktober 2008 Lars Ramussen diangkat menjadi CEO dari Coloplast, menggantikan Sten Scheibye. Ramussen memiliki beberapa tahun pengalaman manajemen khususnya di Coloplast dan mengetahui secara dalam mengenai produksi industri. Rasmussen terkoneksi dari 54 member, 3 organisasi yang berbeda serta melewati 9 industri yang berbeda pula. Banyaknya pengalaman Rasmussen dengan jabatan yang berbeda beda membuat Rasmussen dipercaya untuk menjadi CEO dari Coloplast.

Lars Rasmussen

Perusahaan Coloplast merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai produk ostomi dan urologi seperti implan dan kateter penis. Sebelumnya Coloplast telah dipimpin oleh Sten Scheibye selama 13 tahun dan akhirnya melakukan sedikit perubahan dan memindahkan produksinya ke Hungaria.

Pemilihan produk dari Coloplast dilihat dari kebiasaan para pasien yang membutuhkan ostomy dan kateter secara pribadi bukan dari rumah sakit, Coloplast melihat peluang tersebut dimana jika konsumen tahu apa yang tersedia bagi mereka, maka mereka bisa membuat pilihan yang berbeda, dan Coloplast membuatnya menjadi transparant dan menjadi inovator dengan membawa lebih banyak produk baru ke pasar dari pada perusahaan lain.

“Kami akan kehilangan kesempatan jika kami tidak menyajikan produk tersebut kepada orang-orang yang ingin menggunakannya jika mereka tahu itu ada disana” Lars Rasmussen.

Melihat peluang bisnis sangat penting, saat pesaing bisnis Astora Women’s Health di Eden Prairie ditutup, menunjukkan fakta bahwa mereka telah menutup bisnis mereka berarti pasar akan didistribusikan di antara perusahaan yang tersisa. Disitu terdapat peluang. Meskipun Astora ditutup oleh pemiliknya setelah gagal menemukan perusahaan pengakusisi untuk bisnis tersebut, namun Coloplast tetap bertahan di bisnis tersebut dan mencari peluang karena produk Coloplast yang telah beredar di pasaran memiliki update keamanan dari FDA. Rasmussen percaya bahwa ketika produknya aman, penjualan juga akan tetap meningkat.

Saat meluncurkan produk baru, diperlukan persetujuan untuk keamanan produk yang baik dan membuat konsumen percaya untuk membeli produk tersebut. Faktanya, orang menjalani kehidupan dengan kualitas hidup yang mengerikan jika mereka tidak memiliki akses terhadap jenis produk ini, dan itulah sebab Coloplast menjual produk tersebut. Banyak dokter melakukan implan dan hampir semua orang tahu ada resiko terhadap implan tersebut, namun mereka membutuhkannya. Karena resiko tersebut Coloplast meluncurkan produk dengan data klinis yang dagat bagus dan terdapat peringatan keamanan dari FDA, tutur Rasmussen.

Lars Rasmussen berusaha mencari inovasi untuk tiap tahunnya, dilihat dari berbagai sudut pandang dan kebutuhan orang dalam tahun tahun mendatang, selain produk investasi juga penting untuk tetap mengkokohkan perusahaan, demi mendukung terciptanya produk yang lebih inovatif untuk konsumen. Kenaikan penjualan produk Coloplast akan terus bertambah setiap tahunnya dikarenakan banyaknya konsumen yang membutuhkan produk dari Coloplast. Yang pasti akan ada banyak inovasi produk yang akan dikeluarkan Coloplast, tergantung peluang yang ada dan inovasi serta sumber daya yang tersedia.

Investasi juga sangat penting dalam sebuah perusahaan. Pada Coloplast terdapat 2 area spesifik yang akan diinvestasikan pada Minnesota dan juga seluruh Amerika Serikat. Terdapat perawatan luka dan penjualan di Amerika Serikat. Jadi Amerika Serikat saat ini menjadi puncak prioritas investasi Coloplast di tahun-tahun mendatang. Menurut Lars Rasmussen, Coloplast merupakan pemimpin pasar untuk kateter, namun Coloplast ingin menjadi pemimpin pasar di perawatan ostomi dan perawatan luka. Dan Coloplast akan berinvestasi untuk menjadi pemimpin pasar, itulah kenapa investasi dilakukan. Hal tersebut merupakan strategi Coloplast untuk terus berada pada bisnis ini. Sejauh ini Coloplast sebagai pemimpin secara global dan akan terus berkembang untuk selanjutnya, Rasmussen.

Setelah bekerja di Coloplast sejak tahun 1988, Lars Rasmussen mengenal perusahaan di dalam dan dari berbagai sudut pandang. Dengan demikian, direktur perusahaannya telah melihatnya melakukan investasi di sejumlah area dan layanan yang berbeda dan telah terbukti berhasil. Seorang insinyur dengan perdagangan, kemampuan kepemimpinan Rasmussen telah membantu mendorong perusahaan Coloplast ke posisi terdepan di sektor ini, dimana Rasmussen telah tampil luar biasa sejak diangkat menjadi CEO tahun 2008. Dengan tim manajerial yang kuat di sekitarnya, CEO Coloplast telah berhasil menciptakan etos kerja yang mengesankan dan jelas visi misinya yang strategis. Tujuan tanggung jawab perusahaan diterapkan dengan baik di seluruh industri, sesuatu yang Rasmussen ingin pertahankan.


Sumber:
https://www.worldfinance100.com/2015/lars-rasmussen-ceo-coloplast/
http://www.bloomberg.com/research/stocks/people/person.asp?personId=8746328&privcapId=683131

1 Like

Lars Rasmussen

Profil Tokoh :
Lars Rasmussen yang kini menjabat sebagai seorang CEO di Coloplast, mengawali karir di Coloplast sebagai Project Manager di fasilitas produksi Coloplast di Thisted, Denmark pada tahun 1988. Lars menjadi seorang Factory Manager di fasilitas produksi di Thisted pada tahun 1989 sebelum akhirnya berpindah ke kantor pusat perusahaan pada tahun 1993. Pada tahun 1996, Lars menjadi bagian dari tim manajemen global di kantor pusat, dan bertanggung jawab atas franchise perawatan Continence dan kemudian merawat Ostomy. Lars menjabat menjadi Anggota Manajemen Eksekutif pada tahun 2001. Tahun-tahun pertama Lars bertanggung jawab untuk inovasi, manufaktur dan pemasaran strategis. Pada tahun 2006, Lars menjadi Chief Commercial Officer yang menjalankan organisasi penjualan Global. Dan terakhir, pada tahun 2008 Lars berhasil menjadi CEO di Coloplast.

Profil Perusahaan :
Coloplast sendiri merupakan perusahaan perangkat medis global terkemuka. Bisnis tersebut meliputi perawatan ostomy, urologi dan kontinuitas, dan perawatan luka dan kulit. Colopast adalah perusahaan yang berkembang di semua wilayah geografis dan di semua yang tercakup area bisnis.
Dibawah pimpinan Lars, Coloplast berhasil memiliki reputasi terbaik beradasarkan PatientView diantara semua pasien di seluruh dunia. Dan hanya dalam lima tahun, pemasok layanan kesehatan intim dari Coloplast telah menjadi pemimpin pasar global.

Dalam sebuah bisnis yang dibebani dengan banyak kasus litigasi dan tabu, Coloplast mencatat jalan bagi pertumbuhan pendapatan dan ekspansi kerja yang mengalahkan pasar. Disaat perusahaan sejenis Coloplast berbondong-bondong untuk menutup perusahaan, Coloplast mencoba meraih saham di pasar di mana orang lain mencoba untuk pergi dan menjual sahamnya. Lars meyakini bahwa mereka berada di area bisnis tersebut karena mereka yakin dapat membuat perbedaan positif. Coloplast memiliki produk di pasaran yang telah diluncurkan setelah update keamanan keluar dari FDA (Food and Drug Administration). Itu berarti FDA menyetujui mereka.

Pembuat perangkat asal Denmark berencana untuk menumbuhkan loyalitas merek dan memperluas pengetahuan tentang inovasi baru dengan langsung menjangkau konsumen dari produk pilihan pasiennya, seperti produk colostomy dan incontinence.

Hanya sedikit perusahaan yang berhasil menciptakan laba atas investasi selama krisis keuangan. Namun, inilah yang dilakukan Lars Rasmussen, saat ia bergabung sebagai CEO Coloplast lima tahun yang lalu dan memulai perputaran perusahaan:

Memulai segala sesuatu dengan sebuah ambisi
Semua yang kita lakukan dimulai dengan sebuah ambisi. Kami ingin meningkatkan kualitas hidup orang-orang dengan kebutuhan perawatan kesehatan yang intim dengan mengembangkan produk yang dirancang paling baik dan paling inovatif di pasaran. Ini membuat saya bangga mengatakan bahwa kita telah menempuh perjalanan jauh dengan produk kami.

Mematuhi keputusan untuk mencapai target

"Langkah pertama yang saya ambil, bersama tim manajemen saya, adalah memutuskan bahwa kami ingin menjadi perusahaan medtech terbaik di dunia. Dan kami tetap mematuhi keputusan kami, yang merupakan prasyarat untuk mencapai target itu, "kata Lars Rasmussen.

Setelah keputusan dibuat, Coloplast dibawah pimpinan Lars memulai proses-proses yang diyakini dapat membantu mereka mencapai target. Hal yang pertama mereka lakukan adalah membuat analisis realistis terhadap situasi keuangan perusahaan.

Berinovasi dan prinsip manajemen baru
Coloplast biasa bekerja sama dengan inovasi sebagai bagian dari departemen penelitian dan pengembangan. Namun pada zaman ini, hal tersebut merupakan disiplin yang didukung oleh bagian pemasaran. Melalui studi antropologi, Coloplast telah mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang perasaan klien sehubungan dengan memiliki ostomies, dan hari ini Coloplast berfokus pada desain, menghasilkan Reddot Design Award untuk sebuah kateter baru.

Selain itu, Coloplast telah mengembangkan serangkaian prinsip manajemen baru: komunikasi terbuka dan jujur, menilai kinerja manajer dan fokus konstan dalam menciptakan hasil bisnis.

"Saya belum khawatir dengan keputusan sulit yang harus saya sampaikan mengenai dampak keputusan ini terhadap motivasi di antara orang-orang penjualan. Orang-orang penjualan kami lebih terlibat dengan pelanggan kami daripada organisasi itu sendiri, jadi tujuan kami adalah mempertahankan motivasi mereka sepanjang perubahan yang kami lakukan, "kata CEO Lars Rasmussen, Coloplast.

Menghapus area yang tidak menciptakan nilai jangka panjang
Coloplast menghapus area yang tidak menciptakan nilai jangka panjang, dan selanjutnya memberikan fokus yang lebih luas kepada penjualan dan pemasaran. Kemudian, Colopast memusatkan bagian-bagian bisnis yang tidak fokus pada penjualan dan pemasaran, misalnya HR, di anak perusahaannya. Pada saat bersamaan, Lars Rasmussen mengurangi jumlah manajer di perusahaannya. Pada tahun 2012, Coloplast mulai melakukan investasi secara besar-besaran dalam pertumbuhan, pertama di Eropa, kemudian di AS dan juga di pasar negara berkembang, terutama China.

Referensi :
http://www.paconsulting.com/events/three-steps-to-global-domination-cut-focus-and-invest/
https://dk.linkedin.com/in/lars-rasmussen-b048888
http://www.startribune.com/sunday-conversation-with-lars-rasmussen-pitching-medical-devices-to-consumers/384309441/