Bagaimana Kemajuan Teknologi Mampu Mempengaruhi Sektor Ekonomi?

Apakah kemajuan dari teknologi sekarang ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi? Bagaimana peranannya?

  1. Kemajuan teknologi yang menghemat kapital (capital saving), menghemat juga faktor produksi tidakbedanya dengan meningkatkan produktifitas dari sektor tersebut. Atau menambahnya kuantitas faktor produksi juga jika dilihat dari satuan efesiensinya (diukur dalam ‘efficiency unit). Ini jelas menunjukkan, bagaiman ‘capital saving’ berarti bahwa setiap unit output memerlukan lebih sedikit penggunaan kapital.

  2. Kemajuan teknologi yang menghemat tenaga kerja (labour saving). Dimana setiap output memerlukan lebih sedikit tenaga kerja.

  3. Kemajuan teknologi juga dapat menghemat bahan mentah (natural resources saving). Setiap unit output memerlukan lebih sedikit bahan mentah.Ini sangat menjelaskan bahwa kemajuan teknologi sangat diperlukan dalam bisnis perdagangan dunia internasional, mulai dari proses input sampai ke proses output dan menghasilkan produk yang siap didistribusikan kepada konsumen manca negara.

  4. SD; Peranan manusia dalam produksi dan pembangunan ditentukan oleh jumlah dan mutu tenaga kerja yang tersedia untuk pelaksanaan berbagai usaha bisnis dilapangan-lapangan yang bersangkutan. Kita harus dapat memilah secara langsung golongan-golongan tenaga kerja dengan cukup cerdas untuk melaksanakan berbagai rupa usaha pembangunan, baik berhubungan dengan pelaksanakan produksi agraris maupun dengan pengembangan industri atau perusahaan-perusahaan lainnya.

Referensi

Apridar. 2007. Ekonomi Internasional. Universitas Malikussaleh Press .