Bagaimana keindahan dari Air Terjun Tanggedu?

Pulau Sumba identik dengan pantai, padahal pulau ini punya segudang destinasi wisata lainya mulai dari savana, atraksi budaya, hingga air terjun. Salah satu air terjun cantik yang disebut mirip Grand Canyon ada disini. Jika berkunjung ke Pulau Sumba, jangan lewatkan ke air terjun yang memiliki 2 warna berbeda ini. Air terjun Tanggedu namanya!

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan warga desa Tanggedu, Kecamatan Haharu, yang berjarak 45 km dari utara pusat kota Waingapu, Sumba Timur. Air terjun ini dinamakan Tanggedu karena lokasinya berada di desa Tanggedu. Untuk mencapai lokasi, kita harus melewati 2 desa, Mondu dan kampong adat Prainatang.

Yang membuat cantik air terjun Tanggedu adalah Air Terjun Tanggedu ini terletak pada aliran air jernih yang berkelok-kelok yang diapit tebing-tebing batu, tidak seperti air terjun pada umumnya, relief-relief tebing yang unik dan masih bisa menjadi background yang indah saat kita mengambil foto dari bawah tebing. Belum lagi aliran airnya yang jernih berwana biru kehijauan akan menjadi tambahan spot-spot foto di kawasan air terjun ini.

Air terjun ini pun sangat unik, yaitu memiliki dua sumber mata air yang menyuplai derasnya aliran sungai. Karena perbedaan sumber mata air inilah warna air terjun ini berbeda. Selain itu aliran air yang jatuh nampak terbelah dua, dipisahkan oleh batu besar ditengahnya. Bersantai di tepi air terjun dengan mendengarkan gemericik air yang turun sungguh sangat mengasyikkan, teduh dan menenangkan.