Bagaimana keindahan danau Maninjau ?

Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau dengan luas sekitar 99,5 km2 dengan kedalaman mencapai 495 meter ini merupakan danau terluas kesebelas di Indonesia, dan terluas kedua di Sumatra Barat.

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau merupakan sebuah kaldera dari letusan besar gunung api yang menghamburkan kurang lebih 220-250 km3 material piroklastik. Kaldera tersebut terbentuk karena letusan gunung api strato komposit yang berkembang di zona tektonik sistem Sesar Besar Sumatera yang bernama gunung Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Kaldera Maninjau (34,5 km x 12 km) ditempati oleh sebuah danau yang berukuran 8 km x 16,5 km (132 km2). Dinding kaldera Maninjau mempunyai 459 m dari permukaan danau yang mempunyai kedalaman mencapai 157 m (Verbeek, 1883 dalam Pribadi, A. dkk., 2007).

Bagaimana keindahan danau Maninjau ?

Danau Maninjau merupakan objek wisata yang paling menonjol di Kabupaten Agam. Danau yang terbentuk dari letusan Gunung Sitinjau dan memiliki kedalaman mencapai 495 meter dengan luas hampir 99,5 km persegi ini disebut-sebut sebagai danau terluas kedua di Sumatera Barat.

Daya tarik Danau Maninjau terletak pada keindahan panorama alamnya yang bisa dilihat dari kejauhan. Saat mengunjungi Danau Maninjau, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi Taman wisata Muko-Muko yang berada ditepian danau maninjau dekat PLTA, pesona taman cantik ini juga dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah dan tempat bermain anak. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Museum Buya Hamka .

image

Yang menarik dari perjalanan yang cukup menantang ini, kamu akan disuguhkan hamparan hijau bukit yang memanjakan mata dan juga sawah-sawah serta deretan kendaraan yang berbaris menelusuri kelok 44. Kamu juga akan melihat para kera yang menuruni tepi bukit. Di sekitar kelok 23 hingga kelok 30 lah merupakan spot terbaik untuk menyaksikan keindahan pesona Danau Maninjau.

image

Sumber:
http://kesiniaja.com/wisata-indonesia/tiga-danau-terindah-di-sumatera-barat/