Bagaimana kegunaan dari suatu barang ?

image

Bagaimana kegunaan dari suatu barang ? Terdapat kategori apa saja ?

Kegunaan suatu barang bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya menurut AJ Meyers dapat dibedakan menjadi kegunaan bentuk (form utility), kegunaan tempat (place utility), kegunaan waktu (time utility), dan kegunaan kepemilikan (ownership utility)

A. Form Utility (Kegunaan Bentuk)
Kegunaan bentuk atau form utility adalah kegunaan yang muncul setelah barang telah dirubah bentuknya. Contohnya meja, sofa, kursi atau perabotan lainnya. Dengan diubah bentuknya maka barang tersebut memiliki nilai lebih.

B. Place Utility (Kegunaan Tempat)
Kegunaan tempat atau place utility adalah kegunaan yang muncul setelah suatu barang dipindahkan ke tempat lain. Contohnya adalah perahu, kapal laut dan baju astronot. Setelah barang tersebut dipindahkan ke tempat yang sesuai untuk digunakan maka barang tersebut akan lebih bernilai.

C. Time Utility (Kegunaan Waktu)
Kegunaan waktu atau time utility adalah kegunaan yang muncul ketika suatu barang digunakan tepat waktu. Contohnya adalah payung dan tabungan. Ketika saat yang tepat tiba, maka barang-barang tersebut akan menjadi berguna.

D. Ownership Utility (Kegunaan Kepemilikan)
Kegunaan kepemilikan atau ownership utility adalah kegunaan yang muncul setelah suatu barang telah dimiliki. Contohnya adalah stetoskop yang akan menjadi berguna ketika digunakan oleh seorang dokter dan gadget didalam toko akan menjadi berguna setelah ada orang yang membayarnya dan memilikinya.

Referensi : http://oiconomo.blogspot.co.id/2015/02/barang-dan-jasa.html