Bagaimana kebutuhan cahaya dan suhu katak peliharaan?

image

Bagaimana kebutuhan cahaya dan suhu katak peliharaan? Berapa lama sebaiknya katak terkena cahaya dalam sehari?

Tidak seperti kadal, ular dan kura-kura, kebanyakan katak tidak membutuhkan pencahayaan khusus, karena mereka mendapatkan semua kebutuhan vitamin D melalui makanan. Akan tetapi, kamu biasanya tetap harus menyediakan sumber cahaya sebanyak 12 jam sehari, khususnya bila wadah katakmu tidak menerima cahaya alami.

Lampu pendar adalah pilihan yang terbaik untuk katak, karena lampu ini cenderung tidak terlalu panas. Cahaya panas dapat membahayakan katak, apabila katak meloncat ke arah lampu.

Sehubungan dengan pemanas, suhu ideal bagi katakmu tergantung pada jenisnya. Cara termudah untuk merubah suhu di dalam wadah katakmu adalah merubah suhu di seluruh ruangan.

Cara lain, kamu dapat membeli lampu pemanas (yang ditaruh di atas wadah katak) atau bantalan pemanas (yang membungkus sisi luar wadah katakmu) untuk menaikkan suhu di dalam wadah katak.

Bila kamu perlu untuk memanaskan air di wadah untuk katak air atau wadah half and half(wadah katak dimana sebagian berisi air dan sebagian lagi kering), kamu perlu untuk membeli kaca tabung atau pompa pemanas air.

Pastikan untuk menjalankan pemanas beberapa hari sebelum kamu memasukkan katak ke dalam wadah katak. Dengan ini kamu dapat memantau suhu di dalam wadah katak dan memastikan suhu yang dihasilkan sudah tepat untuk katakmu.