Bagaimana kebutuhan air bagi ibu hamil dan menyusui?

Bagaimana kebutuhan air bagi ibu hamil dan menyusui ?

Air adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap harinya dengan kadar yang pas karena tubuh tidak dapat memproduksi air dengan sendirinya. Bagaimana kebutuhan air bagi ibu hamil dan menyusui ?

1 Like

Secara umum, kebutuhan air selama masa kehamilan meningkat agar dapat mendukung sirkulasi janin, produksi cairan amnion, dan volume darah yang meningkat. Selain itu, di masa kehamilan, khususnya pada trimester tiga, wanita akan membutuhkan lebih banyak konsumsi sit terutama bila ia mengalami inkontinensia urin fisiologi akibat adanya tekanan pada kandung kemih oleh uterus yang membesar.

Kurang asupan air pada wanita hamil dapat menimbulkan kurang air yang dapat mengakibatkan sejumlah gangguan tubuh selama kehamilan. Gangguan ini dibagi menjadi gangguan akibat hypovolemia ringan akut, dan hypovolemia ringan kronik.

image

Berapa jumlah air minum yang dibutuhkan oleh ibu hail harinya? Sunggung suatu pertanyaan yang sederhana tetapi jawabannya tidak mudah. Sejumlah penelitian memberikan berbagai macam rekomendasi karena kebutuhan air sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk aktivitas ibu hamil hingga suhu lingkungan tempat tinggal. Tidak ada rumusan khusus yang bnerlaku untuk semua individu. Ibu hamil umumnya dianjurkan untuk meminum 8-10 gelas air setiap harinya.

Menurut AKG, kecukupan air untuk wanita hamil adalah 2,3 L/hari, dan untuk ibu menyusui adalah 2,8 L/hari. The Institute of Medicine, National Academies of Science, merekomendasikan wanita hamil untuk mendapat asupan air sekitar 3 Liter setiap harinya. Meskipun demikian, ada pula data sejumlah penelitian yang menghitung kebutuhan air pada wanita hamil sesuai dengan kebutuhan kalorinya. Departemen Kesehatan California menyatakan bahwa tambahan air minum pada wanita hamil adalah sekitar 2-3 gelas setiap harinya. Hasil yang serupa juga ditunjukkan oleh Ershow et al. yang menyatakan tambahan air minum pada wanita hamil adalah sekitar 640 mL/hari.

Wanita menyusi perlu mendapat asupan air lebih banyak karena bertambahnya kewajiban baru untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. The Institute of Medicine menyarankan konsumsi air pada ibu menyusui sebanyak 3,1 Liter setiap harinya. Saran umum adalah minum segelas air setiap kali makan dan setiap kali menyusui.

Kisaran jumlah air yang dibutuhkan memang cukup besar mengingat setiap ibu hamil menghadapi kondisi yang berbeda-beda. Perlu diingat bahwa air yang masuk ke dalam tubuh tidak selalu harus dihitung dari minum air putih saja. Makanan yang dikonsumsi mengandung 20% dari keseluruhan asupan air tubuh, sedangkan sisanya dipenuhi dari asupan air langsung. Dianjurkan untuk minum air sebelum haus. Saat rasa haus muncul maka tubuh sudah mengalami hypovolemia ringan.

Referensi

Santoso, BI et al, . 2011. Air bagi Kesehatan. Jakarta : Centra Communications.