Bagaimana karya-karya fotografi potret Indonesia oleh Kassian Cephas dan Andreas Darwis Triadi?

Bagaimana karya-karya fotografi potret Indonesia oleh Kassian Cephas dan Andreas Darwis Triadi ?

Bagaimana karya-karya fotografi potret Indonesia oleh Kassian Cephas dan Andreas Darwis Triadi ?

3 Likes

Kassian Cephas dan Andreas Darwis Triadi merupakan dua sosok fotografer terkenal yang menjadi ikon bagi fotografer komersial di Indonesia. Meski hidup di zaman yang berbeda namun keduanya memiliki kesamaan dalam menghasilkan karya fotografi, terutama fotografi potret.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010), foto-foto karya potret wanita dari kedua fotografer tersebut adalah contoh dokumentasi yang layak dipercaya dan seringkali dengan kejelasan yang menyenangkan, bahkan memanjakan mata seseorang yang melihatnya. Dalam penciptaan karya potret wanita, keduanya jelas memperhitungkan unsur-unsur keindahan yang dimilikinya yang dipengaruhi oleh struktur sosial masyarakat masing-masing zamannya, baik kondisi ekonomi, sosial, politik dan kebudayaan yang berkembang saat itu.

Pemahaman tentang keindahan yang dimiliki Cephas maupun Darwis pun berbeda. Ada yang kelahirannya disoronf oleh kebutuhan praktis manusia untuk menunjang hidupnya sehari-hari, ada yang didorong kebutuhan spiritual dan tidak kurang pula yang dilakukan Darwis saat melakukan pelatihan dan pendidikan tentang fotografi produk, model, serta komersial ia selenggarakan baik di tingkat lokal mapun internasional serta di kampus-kampus.
image
“Gadis Jawa” karya Cephas
image
“Selebriti Wanita” Karya Darwis

Pengalaman estetis yang tertuang di dalam karya foto “Gadis Jawa” dan “Selebriti Wanita” merupakan bukt bahwa Cephas dan Darwis melalui proses penciptaan yang dibangun oleh nilai-nilai estetik sehingga mampu mengangkat peradabannya. Hal tersebut dapat tercermin dari kostum , make up, daya serta property yang digunakan dalam penciptaan karya fotografi potert wanita di atas. Keduanya melakukan restrukturisasi dan juga melakukan evolusi dalam kebudayaannya. Penemuan peralatan fotografi digital yang digunakan oleh Darwis merupakan pengembangan dari kamera yang digunakan oleh Cephas dengan kemampuan kreativitas masing-masing. Melalui bantuan teknologi yang ada keduanya mampun menghadirkan kara fotografi potret yang memiliki nilai estetis tinggi hingga Cephas dan Darwis mampu menduduki posisi yang tingi di bidangnya.

Referensi

Prasetyo, Andry. 2010. Fotografi potret Indonesia dalam Karya-karya fotografer Kassian Cephas dan Andreas Darwis Triadi. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya. Vol. 2 (1) : 103-112.