Bagaimana karir Michael Bloomberg, Milyader dermawan pendiri Bloomberg L.P ?

images (4)

Michael Rubens Bloomberg lahir tanggal 14 Februari 1942. Pada tahun 1964, Bloomberg kuliah di Johns Hopkins University kemudian melanjutkan pendidikannya di Harvard University dan memperoleh gelar Magister of Business Administration.

Setelah lulus kuliah tahun 1978, Bloomberg bergabung dengan Salomon Brother yang merupakan bank investasi di Wall Street. Sayangnya, pada tahun 1981 perusahaan tempatnya bekerja di akuisisi oleh perusahaan lain, sehingga Bloomberg harus kehilangan satu-satunya pekerjaan penuh waktu yang dimilikinya. Tapi hal tersebut tidak membuat Bloomberg patah semangat, dia menggunakan uang payout yang berjumlah $10 juta untuk merintis perusahaannya sendiri.

Dengan ejekan dari banyak orang yang mengatakan idenya untuk membangun perusahaan penyedia informasi keuangan berbasis desktop adalah mustahil, Bloomberg tetap pada pendiriannya. Bloomberg yakin, kerja kerasnya dalam membangun perusahaan yang dia beri nama Innovative market System akan membuahkan hasil. Dengan Merril Lynch yang menjadi pelanggan pertamanya, innovative Market System mendapatkan suntikan dana sebesar $30 juta.

images (5)

Lima tahun kemudian, perusahaannya berganti nama menjadi Bloomberg L. P dan pada saat itu jumlah pelanggannya terus bertambah, sehingga Bloomberg membuat sebuah inovasi pengeluaran produk baru seperti Bloomberg Tradebook, Bloomberg Messaging Service dan PR Wire Bloomberg.

unnamed

Bloomberg kemudian terkenal sebagai milyader dermawan yang menjadi aktivis anti rokok dan filantropi untuk meningkatkan kualitas pendidikan penelitian medis dan seni. Di tahun 1992 Bloomberg merilis buku otobiografinya yang berjudul Bloomberg Bloomberg, dimana seluruh royalti penjualanya, dia sumbangkan kepada Committee to Protect Journalist.

Pada tahun 2001, Bloomberg terjun ke dunia politik dan menggunakan uangnya sendiri untuk dana kampanye. Bloomberg kemudian terpilih menjadi walikota New York selama dua periode, dengan gaji $1 setiap tahunnya. Tidak hanya itu, Bloomberg juga di percaya menjabat sebagai ketua Dewan Pembina di Johns Hopkins Universty setelah menyumbangkan $300 juta kepada Universitas yang pernah menjadi tempatnya menimba ilmu tersebut. Terakhir, Bloomberg merasa terhormat saat sebuah instansi kesehatan masyarakat di beri nama “The Bloomberg School of Public Health” hal tersebut sebagai penghargaan atas kepemimpinannya dan penggunaan filantropinya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

We will GO FORWARD… We will NEVER GO BACK
Michael Bloomberg

Sumber :

michael-bloomberg

Michael Rubens Bloomberg adalah seorang tokoh bisnis yang berasal dari Amerika. Bloomberg lahir pada tanggal 14 Februari 1942. Orangtua Bloomberg termasuk kedalam jajaran kelas menengah di Medford, Massachusetts. Bloomberg memiliki kekayaan sebesar $ 31 miliyar dan Bloomberg meupakan orang terkaya ke-10 di Amerika Serikat dan orang terkaya ke-13 di dunia. Bloomberg juga pernah menjabat sebagai walikota di New york City, Bloomberg memegang jabatan sebagai walikota selama tiga kali berturut-turut. Dimulai dari pemilihan pertamanya pada tahun 2001. Awalnya Bloomberg berasal dari Partai Demokrat selama beberapa tahun. Kemudian ia pindah ke Partai Republikan pada tahun 2001. Pada tahun 2001 inilah Michael Bloomberg menjadi walikota New York. Bloomberg menghabiskan rekor jumlah uangnya sendiri untuk berkampanye. Kemudian Bloomberg terpilih sebagai walikota, menggantikan Rudy Giuliani. Bloomberg menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina untuk Johns Hopkins University sampai Mei 2002 dan merasa terhormat ketika School of Hygiene dan Kesehatan Masyarakat dinamai “The Bloomberg School of Public Health”, penghargaan untuk kepemimpinan dan penggunaan filantropi untuk meningkatkan kondisi manusia. Kemudian Bloomberg memenangkan masa jabatan keduanya pada tahun 2005 dan meninggalkan partai republik dua tahun kemudian. Bloomberg berkampaye untuk mengubah hukum batasan masa jabatan kota dan kemudian Bloomberg terpilih untuk masa jabatan ketiga pada tahun 2009 sebagai calan independen pada suara Partai Republik. Bloomberg sering disebut sebagai kandidat potensial untuk pemilihan presiden AS pada tahun 2008 dan tahun 2012, dan untuk Gubernur di New York pada tahun 2010. Pada 1 Januari 2014, Bloomberg berhasil terpilih sebagai walikota New York City.

Bloomberg juga tercatat sebagai alumni dari Johns Hopkins University untuk mempelajari Teknik Elektro dan pada 1966 ia belajar dan meraih gelar Master of Business Administration di Universitas Harvard. Bloomberg kemudian bekerja di Salomon Brother. Pada 1978, ia ditugaskan menjalankan divisi teknologi informasi perusahaan, ini dinilai sebagai penurunan pangkat. Namun demikian Bloomberg tetap bertahan di Salomon selama tiga tahun lebih hingga perusahaan merger dengan perusahaan perdagangan komoditas Phibro pada 1981. Bloomberg pun pergi dengan pesangon sebesar US$ 10 juta. Setelah meninggalkan Salomon, Bloomberg memutuskan memanfaatkan pengetahuan yang telah ia pelajari dan mendirikan perusahaan sendiri, awalnya bernama Innovative Market Solutions. Perusahaan itu bertujuan memudahkan bagi pelaku pasar untuk menggunakan data. Mereka akhirnya memulai debut Bloomberg terminal (pertama kali dikenal sebagai MarketMaster terminal). Merrill Lynch menginvestasikan US$ 30 juta dalam perusahaan Bloomberg. Dan Bloomberg telah menghabiskan 20 tahun nya sebagai ketua dan CEO. Bloomberg sendiri merupakan pemilik dari 88% dari Bloomberg LP, global data keuangan dan perusahaan media penting untuk Bloomberg terminalnya.

Bloomberg LP sendiri memiliki lebih dari 165.000 pelanggan di seluruh dunia. Sebagai pebisnis terbukti kelayakannya, anak perusahaan pada tahun 1990 meluncurkan layanan berita, dan kemudian meluncurkan radio, televisi, internet, dan penerbitan. Bloomberg Financial Markets merupakan distributor global berbasis multimedia layanan informasi, menggabungkan berita, data dan juga analisis untuk pasar keuangan global dan bisnis. Sebagai perusahaan, Bloomberg menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan Bloomberg mendedikasikan lebih banyak waktu untuk filantropi. Bloomberg memiliki keinginan untuk meningkatkan pendidikan, penelitian medis dan juga akses ke seni meningkat. Pada tahun 1997 Bloomberg menerbitkan otobiografinya, Bloomberg Bloomberg. Semua hasil royalti dari penjualan buku nya itu disumbangkan oleh Bloomberg kepada Committee to Protect Journalists atau Komite Perlindungan Wartawan.

Referensi :

  1. http://profilbos.com/2014/06/17/biografi-michael-bloomberg/
  2. https://profil.merdeka.com/mancanegara/m/michael-rubens-bloomberg/
  3. http://entrepreneur.bisnis.com/read/20130714/88/150586/kisah-sukses-michael-rubens-bloomberg
  4. http://bisnis.liputan6.com/read/2274505/10-fakta-perjalanan-hidup-miliarder-michael-bloomberg

Mike_Bloomberg_Headshot

Kehidupan

Michael Bloomberg adalah sosok orang yang kontroversial. Michael Rubens Bloomberg bisa disebut dengan “Mike” Bloomberg adalah orang yahudi, beliau lahir pada tanggal 14 Februari 1942 di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Beliau adalah seorang pengusaha di Amerika, penulis politisi, dan dermawan. Beliau bisa dibilang orang terkaya keenam di Amerika Serikat dan orang terkaya ke-10 di dunia.
Bloomberg adalah seorang eagle Scout. Pada tahun 1962 beliau sebagai mahasiswa tingkat dua, beliau membangun maskot sekolah tersebut dan lulus pada tahun 1964 dengan gelar Bloomberg adalah anggota Kappa Beta Phi. Dia menulis sebuah otobiografi, dengan bantuan dari Bloomberg News Editor-in-Chief Matthew Winkler , yang disebut Bloomberg oleh Bloomberg. Beliau juga adalah anggota Kappa Beta Phi. Dia menulis sebuah otobiografi, dengan bantuan dari Bloomberg News Editor-in-Chief Matthew Winkler, yang disebut Bloomberg oleh Bloomberg .

Awal karir

Mike adalah Pendiri, CEO, dan Pemilik Perusahaan Bloomberg LP. Pada tahun 1981 sebelum beliau mendirikan perusahannya dan menghabiskan 20th sebagai Chairman dan CEO, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas di Johns Hopkins University.
Pada tahun 1973 setelah beliau lulus kuliah, Bloomberg bergabung dengan mitra umum di Salomon Brothers sebuah bank investasi Wall Street. Dimana dia memimpin perdagangan ekuitas dan kemudian pengembangan sistem. ketika mitra tersebut mengakuisisi perusahaan lain pada tahun 1981, Salomon Brothers dibeli oleh Phibro Corporation. Bloomberg diberhentikan dari bank investasi. Beliau diberi paket pesangon sebesar 10 dan mendirikan perusahaan bernama Innovative Market Systems. Pada tahun 1982, Merrill Lynch adalah perusahaan yang menjadi pelanggan pertama diperusahaan tersebut dengan memasang 22 terminal Master Perusahaan dan menginvestasikan 30 juta di perusahaan tersebut. Dan pada tahun 2001 Michael Bloomberg mencoba terjun ke dunia politik, semula beliau sudah mempunyai jiwa politik, dan menjadi anggota Partai Republik kemudian berpindah ke Partai Demokrat. Pada tahun 2001 beliau terpilih sebagai walikota New York City.

Pada pada saat Bloomberg menjadi walikota beliau memilih untuk menerapkan bisnisnya melalui pendekatan berbasis statistik dan berbasis hasil pada manajemen kota, menunjuk komisaris kota berdasarkan keahlian mereka dan memberi mereka otonomi luas dalam pengambilan keputusan mereka yang dimaksud untuk meningkatkan akuntabilitas dan aksesibilitas. Beliau meninggalkan posisi CEO untuk mengejar karir politik sebagai walikota New York City. Setelah menyelesaikan masa jabatan terakhirnya sebagai walikota New York City, Bloomberg diganti sebagai CEO oleh Lex Fenwick. Selama tiga walikota Bloomberg, perusahaan tersebut dipimpin oleh presiden Daniel L. Doctoroff , mantan wakil walikota di bawah Bloomberg.

Oktober 2015, perusahaan ini memiliki lebih dari 325.000 pelanggan terminal di seluruh dunia. Perusahaannya juga memiliki jaringan radio yang saat ini memiliki 1130 WBBR AM di New York City sebagai stasiun andalannya. Beliau menghabiskan delapan bulan pertamanya di luar kantor sebagai dermawan penuh waktu. Pada musim gugur 2014, beliau mengumumkan bahwa dia akan kembali ke Bloomberg LP sebagai CEO pada akhir tahun 2014 dan menggantikan Doctoroff sebagai pemimpin perusahaan sejak pensiun dari pemerintahan Bloomberg pada bulan Februari 2008.

Sumber :
http://www.bibliotika.com/2016/06/biografi-michael-bloomberg-miliuner.html.
https://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Bloomberg.