Bagaimana karier Gugun Blues Shelter di Indonesia?

Gugun Blues Shelter ini adalah salah satu musisi Indonesia ternama yang terkenal dengan aliran musik bluesnya, mereka telah merilis banyak album blues. Lalu bagaimana karier mereka di Indonesia semenjak memulainya pada tahun 2004?

Grup musik ini terbentuk pada tahun 2004 untuk bermain di blues bars di Jakarta. Mereka telah bermain di berbagai klub dan festival jazz. Mereka ter-inspirasi oleh Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Betty Davis, serta Led Zeppelin. Pada awalnya, nama dari band ini adalah The Blues Bug, yang mana akhirnya diganti menjadi Blue Hand Gang, dan selanjutnya menjadi Gugun Blues Shelter. Mereka mengganti nama band mereka karena sebuah band asal Yunani telah memakai nama Blues Bug selama sepuluh tahun.

Pada akhir 2004, mereka merilis album independen pertama mereka, Get the Bug. Musisi yang tampil di dalam album ini antara lain Gugun, Jono, dan Iskandar. Di awal 2007, tmereka merilis album kedua, Turn It On, yang diproduksi oleh Sinjitos Records. Album ini terpilih sebagai salah satu album Indonesia terbaik oleh Rolling Stone Indonesia. Album ini juga dipilih sebagai “Album Blues Nomor Satu Tahun Ini”, dengan Gugun yang terpilih sebagai Gitaris blues terbaik se-Asia Tenggara, pada tahun 2007 oleh MTV Trax Magazine.

Bowie bergabung dengan band pada tahun 2007 (atau 2008), menggantikan Iskandar pada drum. Pada tahun 2010, mereka secara independen merilis album dengan nama mereka sendiri sebagai pengganti terhadap album Set My Soul on Fire mereka, yang batal dirilis menyusul konflik dengan label mereka.

Pada tahun 2011, Gugun Blues Shelter dipilih oleh juri melalui pemilihan daring dari para fans untuk memenangi Kompetisi Hard Rock Café’s Global Battle Of The Bands, memperingati Ulang tahun Hard Rock Cafe yang ke-40. Mereka dijadwalkan untuk tampil pada hari Minggu, 26 Juni 2011 di Hyde Park, bersama dengan Bon Jovi, Rod Stewart dan The Killers.