Bagaimana karakteristik pakaian adat Kalimantan selatan?

Sumber: https://www.maudisini.com/pakaian-adat/

Pada pembahasan kali ini kalian akan mengetahui kekhasan pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia dilengkapi dengan gambar, nama serta penjelasannya, sehingga kalian dapat mengetahui dengan jelas keanekaragaman pakaian adat daerah di Indonesia. Bagaimana karakteristik pakaian adat Kalimantan selatan?

Masyarakat Kalimantan Selatan mayoritas penduduknya didiami oleh suku Banjar.

Suku Banjar sendiri memiliki 4 jenis baju adat mereka, yaitu Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan, Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari, Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut, dan Pengantin Babaju Kubaya Panjang.

Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut merupakan baju yang modelnya sangat dipengaruhi oleh budaya hindu pada zaman dahulu.

Baju ini dipakai oleh para pengantin saat upacara pernikahan. Sedangkan Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari dipengaruhi oleh budaya Hindu jawa pada saat menjelang masuknya Islam ke Jawa.

Pengantin babaju Kun Galung Pacinan merupakan pakaian perpaduan nuansa Timur Tengah dan negeri Tirai bambu yang membawa pembauran unik. Sedangkan Pengantin Babaju Kubaya Panjang lebih kepada nuansa Islami.

sumber: