Bagaimana karakteristik pakaian adat Bali?

Sumber: https://www.maudisini.com/pakaian-adat/

Pada pembahasan kali ini kalian akan mengetahui kekhasan pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia dilengkapi dengan gambar, nama serta penjelasannya, sehingga kalian dapat mengetahui dengan jelas keanekaragaman pakaian adat daerah di Indonesia. Bagaimana karakteristik pakaian adat Bali?

Untuk pakaian adat Bali tidak ada nama khusus yang diberikan. Orang-orang Bali hanya akan menyebut pakaian yang mereka kenakan dengan nama pakaian adat Bali.

Untuk pakaian adat Bali pria terdiri dari beberapa aksesoris yang di kamen, diantaranya ikat kepala (udeng), baju, kampuh (saput), serta selendang pengikat (umpai).

Sementara untuk wanitanya terdiri dari kebaya, kamen, senteng atau selendang, bulang pasang, sanggul, dan bunga sebagai penghias rambut.

Pada pakaian adat Bali pria aksesoris yang dipakai antara lain udeng (ikat kepala), baju sebagai atasan, kamen (kain selempang), saput (kampuh), umpal (selendang pengikat).

Sedangkan pada wanita aksesori yang dipakai yaitu kebaya, kamen, selendang (santeng), bulang pasang, sanggul, bunga dan aksesoris lainnya.

Sumber: