Bagaimana karakteristik alat musik tradisional keso-keso ?

Fungsi Keso-Keso Alat Musik Tradisional Sulsel
Sulawesi Selatan khususnya toraja memiliki alat musik tradisional sendiri yang dinamakan keso keso atau biasa juga disebut P’keso. Apabila dilihat dari bentuknya alat musik ini mirip dengan alat musik rebab yang berasal dari jawa. Penggunaan alat musik tradisional ini tidak jauh-jauh berbeda dengan lainnya, yaitu dengan menggeseknya menggunakan alat tersendiri sehingga dapat menghasilkan suara yang enak didengar. Alat musik keso-keso menggunakan dua dawai saja.

berikut karakteristik alat musik tradisional keso-keso:

  1. Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik Keso-Keso Atau Pa’Keso’ termasuk dalam alat musik chordopone yaitu alat musik yang bunyinya berasal dari dawai atau senar yang digesek.
  2. Cara memainkannya adalah dengan cara digesek (yang digesek adalah dawai yang terdapat pada alat musiknya dengan dawai pada alat penggesek).
  3. Bahannya terbuat dari tempurung kelapa (sebagai wadah suara), bambu/kayu (batang keso’), dan dawai. Sebelum ada dawai tasi dan dawai gitar, dulu yang digunakan sebagai dawai terbuat dari balu’bu’ (bahasa toraja) yaitu benang-benang kasar berawarna hitam yang melekat pada batang pohon enau.
  4. Pada permainan alat musik, fungsi alat musik Pa’Keso’ hanya digunakan sebagai alat musik melodis (kelihatan dari dawainya yang hanya terdiri dari satu atau dua dawai.