Bagaimana kandang yang cocok untuk ular jagung (corn snake) dan sanca bola ?

kandang ular jagung

Bagaimana ruangan yang cocok untuk memelihara ular jagung atau sanca bola, entah dari pemilihan kandang, suhu, dll?

Terdapat 4 tahap yang harus dilakukan untuk pembuatan ruangan/kandang bagi ular jagung/bola, yaitu :

1. Belilah tangki untuk ular dengan ukuran yang tepat.

Ular jagung dewasa dapat mencapai ukuran sepanjang 1,4 m. Mungkin tidak akan membutuhkan kandang bervolume 75 L sebagai permulaan, namun seiring waktu Anda akan memerlukannya. Kandang dapat berupa tangki ataupun vivarium. Ketika ukuran ular masih kecil, ia dapat dipelihara dalam tangki yang lebih kecil pula, misalnya Exoterra Faunarium atau produk serupa. Panjang ukuran vivarium harus sekitar 75-125 cm untuk ular yang sudah besar, pastikan saja kandang cukup besar karena tidak ada batas ukuran nyata.

2. Berikan ular jagung panas yang cukup.

Sediakan matras pemanas yang menutupi 1/3 lantai tangki untuk memberikan gradien panas yang tepat. Matras pemanas harus dikontrol menggunakan termostat karena dapat mencapai suhu lebih dari 120⁰C, yang akan menyebabkan luka bakar tingkat tinggi pada ular. Letakkan matras pemanas di atas satu sisi untuk mendapatkan gradien. Suhu tangki harus berkisar antara 23-29⁰C, dengan suhu lebih tinggi pada area yang hangat di satu sisi tangki.

Ular jagung adalah hewan nokturnal yang menggunakan panas dari dalam tanah, bukan dari matahari sehingga lampu pemanas tidak cocok digunakan di kandangnya. Batu panas tidak pernah cocok digunakan untuk hewan peliharaan mana pun karena menyediakan sumber panas terbatas yang berlebihan. Batu panas dapat menyebabkan luka bakar serius pada ular kedinginan yang mungkin akan bergulung di sekitarnya.

3. Berikan ular tempat untuk bersembunyi:

Anda harus menyediakan tempat bersembunyi bagi ular agar ia merasa aman. Cobalah menyediakan tempat persembunyian pada sisi yang hangat, pilihan lainnya bersifat opsional. Posisi persembunyian harus berada pada area tangki yang hangat, di atas matras pemanas. Tempat persembunyian dapat berupa apa pun, dari yang dibeli di toko hingga potongan Lego. Berkreasilah, namun pastikan bahan yang digunakan tidak mengandung racun.

4. Lapisi tangki atau vivarium dengan substrat.

Ada begitu banyak pelapis lantai berbeda yang tersedia secara komersial untuk ular jagung, tetapi serbuk kayu aspen dan koran adalah pilihan terbaik. Koran merupakan alas yang paling baik karena sangat menyerap dan mudah diganti, walaupun pada kenyataannya tidak terlalu sedap dipandang. Gunakan serbuk kayu aspen jika menginginkan substrat yang dekoratif. Pilihan baik lainnya adalah jerami atau kulit pohon cemara. Jangan gunakan serutan kayu cedar untuk habitat ular karena dapat meracuni reptil.