Bagaimana kandang yang baik untuk tokek atau gecko?

image

Bagaimana kandang yang baik untuk tokek atau gecko?

Kandang yang saya gunakan saat itu berukuran 10 cm x 6 cm dengan gecko ukuran baby berumur 2 minggu. Waktu itu saya sedang kursus yang tempatnya jauh dari rumah, jadi gecko baby saya bawa sedang yang dewasa saya tinggal dirumah dirawat orang tua. Permasalahannya adalah kandang yang tidak terlalu luas sehingga menghambat pertumbuhan gecko.

Kenapa saya berpikir demikian?

Karna beberapa tahun lalu saya sudah membuktikan sendiri dengan seekor buaya yang dipelihara dalam aquarium gex, berumur 3 tahun ukurannya masih kecil meskipun makan teratur dan cukup. Jadi sebaiknya berikan kandang yang cukup luas untuk gecko teman teman, minimal panjang kandang 30 cm atau bisa menyesuaikan dengan pertumbuhannya. Yang pasti ukuran kandang yang terlalu sempit akan mempengaruhi pertumbuhan gecko. Kandang yang kecil juga rawan menimbulkan beberapa masalah, seperti yang dijelaskan dalam pemberian pakan. Ketika gecko muntah ataupun Pup dan kita tidak sempat membersihkannya, maka kuman akan memenuhi seisi kandang dan dapat menimbulkan penyakit pada gecko.

Bisa menggunakan kotak yang terbuat dari plastik (tupperware), bisa juga aquarium kaca berukuran 90x45x45. Dengan ukuran tersebut kamu bisa menyimpan gecko hingga 3 ekor. Dengan syarat jangan memasukkan 2 gecko pejantan dalam satu kandang karena akan berkelahi.

Lapisi kandang dengan kertas, koran, handuk, karpet khusus reptil atau gunakan pasir khusus. Juga masukkan tempat untuk sembunyi gecko, kamu bisa gunakan potongan paralon atau bambu. Siapkan juga mangkuk makan dan minum. Pastikan semua dekorasi aman dan tidak berbahaya untuk gecko.

Sediakan tempat yang lembab tertutup batu yang berlubang atau dibawah potongan bambu. Masukkan tisu basah sebagai pelembab bisa juga menggunakan potongan kain basah. Tempat lembab ini bermafaat untuk gecko ketika akan berganti kulit. Dengan ciri gecko berwarna sedikit kusam dan dibalut kain tipis, setelah proses ganti kulit warna gecko kembali cerah.

Source:
https://jempolkaki.com/cara-merawat-gecko-dengan-benar/