Bagaimana kandang untuk jangkrik yang baik ?

Bagaimana spesifikasi kandang yang baik untuk memelihara jangkrik ?

kerangka kandang jangkrik

  • Kayu reng : ini berfungsi sebagai pembuatan
  • Triplek/plywood : ini beerfungsi sebagai tembok dan alas kandang jangkrik
  • Paku : ini berfungsi sebagi perekat baik pada tahap pembuatan kerangka kandang maupun menempelkan triplek pada kerangka.
  • Semen putih/mall : ini berfungsi untuk melumuri pada bagian triplek ataupun dinding kandang jangkrik.
  • Warinet/jaring jaring : ini berfungsi untuk meutupi pada bagian atas kandang supaya hama tidak dapat masuk kedalam kandang jangkrik
  • Bambu : bila perlu gunakan bambu yang dipadukan dengan terpal plastik sebagai penutup kandang jangkrik.
  • Pada bagian dalam kandang jangkrik dapat diberikan isolasi plastik supaya jangkrik tidak bisa merayap keluar.

Pada bagian bawah diberikan kaki-kaki yang berfungsi sebagai peletakan mangkuk ataupun kaleng guna untuk diisi air, oil, ataupun cairan lainnya dengan tujuan agar hama ataupun predator tidak dapat menjangkau kandang jangkrik.

Untuk ukuran kandang jangkrik tentu dapat disesuaikan dengan kondisi tempat ataupun ruangan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat peletakan kandang jangkrik. Namun, apabila tempat ataupun rungannya cukup terbatas ataupun kecil dapat meletakan kandang jangkrik secara tersusun setidaknya 3 susun ke atas. Tentu hal ini lebih praktis dan efisien tanpa menghambat jumlah populasi jangkrik yang akan dibudidayakan.

Penutup box kandang jangkrik

Penutup kandang jangkrik perlu dibuat guna berfungsi untuk mencegah jangkrik kabur dan masuknya predator ke dalam kandang. penutup box kandang jangkrik dapat dibuat dari kayu reng yang dikombinasikan dengan warinet ataupun jaring-jaring. Penutup box kandang jangkrik ini juga harus dapat dibuka dan ditutup layaknya seperti pintu. Hal ini juga berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan perawatan jangkrik serta membersihkan kandang jangkrik dll.

Media Hidup didalam kandang jangkrik

Untuk menciptakan kandang jangkrik yang baik dan ideal maka diperlukan media hidup jangkrik supaya mampu bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Media hidup didalam kandang jangkrik ini dapat berupa tre atau bekas wadah untuk meletakan telur ayam. Tre ini berfungsi sebagai tempat bersembunyinya jangkrik layaknya hidup di alam bebas. Sebelum meletakan tre ke dalam kandang jangkrik ada baiknya jika dijemur terlebih dahulu kurang lebis sekitar 6 jam.

Setelah tahap penjemuran selesai, tre dapat disusun di dalam kandang jangkrik. Cara penyusunan tre ke dalam kandang jangrik dilakukan secara berlawanan arah antara tre 1 dan tre 2 sehingga tre tidak tampak menyatu. Dengan begitu terdapatlah rongga-rongga tre yang digunakan sebagai tempat persembunyian jangkrik layaknya di alam bebas.