Bagaimana jika Google tidak pernah ada di dunia dilihat dari sisi budaya?


(Purbaning Dharma Shanti Handoyo) #1

Google sendiri tidak asing dengan kehidupan kita, bahkan apa yg tidak kita ketahui kita dapat mencari di google. Lalu, bagaimana tanggapan anda jika google tidak ada di dunia?


Bila Search engine Google menghilang?
(Rizcy Cahyo) #2

Opini dari saya,

Apa yang terjadi jika perusahaan seperti Google, Yahoo, Microsoft, Apple, dll tiba-tiba hilang di masa modern ini?

Kita ambil contoh Google. Saat ini memang semua hal yang berhubungan dengan internet, pasti Google menjadi satu-satunya website yang selalu diakses. Termasuk dari Search Engine, Youtube, Gmail, Google Docs, dan masih banyak lagi. Dan manusia saat ini memang sudah terbiasa dengan hal itu. Bahkan setiap bidang bisnis dan pendidikan juga menggunakan Google.

Jika ditanya, apa yang terjadi jika Google tiba-tiba menghilang saat ini, maka jawabannya adalah akan terjadi semacam keributan massa. Dengan kata lain, orang yang sudah terbiasa mencari apapun melalui Google Search Engine atau menggunakan AdSense pada bisnis akan merasa rugi tentunya.

Terlebih, dengan adanya Search Engine dari Google, perkembangan pendidikan juga menjadi lebih cepat. Semua hal dapat diakses melalui Google. Meski memiliki dampak negatif yang akan membuat seseorang menjadi malas, (seperti datang ke perpustakaan) Google tetap memiliki peranan penting dalam bidang pendidikan. Dan jika tiba-tiba Google hilang, menurut saya murid yang malas, akan lebih malas lagi.

Nah, untuk menjawab pertanyaan dari thread ini, “apakah yang terjadi jika Google tidak pernah ada di dunia?” adalah tidak akan terjadi apa-apa.

Mengapa? Karena jauh sebelum Google dan perusahaan Search Engine lainnya diciptakan, manusia sudah terbiasa hidup secara manual.

Seperti contoh ketika kita sedang:

  • Mengirim email = Sebelumnya kita menulis surat dan menggunakan jasa pos pengiriman surat.
  • Membaca e-book = Sebelumnya kita datang ke perpustakaan atau membeli bukunya ke toko buku.
  • Online Shop = Sebelumnya kita belanja langsung ke toko.
  • Streaming = Sebelumnya kita menonton televisi.
  • Dan masih banyak lagi.

Hal ini dikarenakan kemampuan dan kemajuan teknologi pada jaman dahulu masih belum secanggih sekarang. Karena semua hal yang ada pada jaman dahulu sudah dianggap yang paling canggih dan masih akan terus berkembang.

Demikian pendapat dari saya :slight_smile: