Bagaimana Jika Alat Peraga Kampanye Masih Terpasang Saat Masa Tenang Pilkada?

Bagaimana jika pada saat minggu tenang masih terdapat spanduk, baliho, pamflet kampanye pilkada? Apakah tidak ditindak? Bisakah diberikan sanksi?

image

Jika yang Anda maksud adalah alat peraga masih terpasang dan belum dibersihkan pada masa tenang kampanye pilkada, sepanjang penelusuran kami, tidak ada sanksi yang dikenakan terhadap pasangan calon. Hal ini karena membersihkan alat peraga merupakan tugas KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Bawaslu Provinsi dan/atau Panwas Kabupaten/Kota yang dilakukan paling lambat 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

Akan tetapi, jika yang dilakukan adalah memasang alat peraga atau menyebarkan bahan kampanye pada masa tenang, maka hal tersebut merupakan bentuk kampanye di luar jadwal waktu yang ditetapkan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Pelakunya dapat diancam pidana penjara paling sedikit 15 hari atau paling lama 3 bulan dan/atau denda paling sedikit Rp100 ribu atau paling banyak Rp 1 juta.

Sumber:hukumonline.com