Bagaimana jenis kandang yang baik untuk burung kenari?

Burung kenari, merupakan salah satu jenis burung hias yang paling banyak digemari oleh para pecinta burung khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan burung kenari memiliki beberapa ciri khas dan keunikan tersendiri. Bagaimana jenis kandang yang baik untuk burung kenari?

1. Kandang Ternak Kenari Tertutup

Jenis kandang ternak kenari yang pertama adalah kandang tertutup. Kandang jenis ini bertujuan agar kenari selalu terlindungi dari kondisi lingkungan dan juga kondisi cuaca. Selain itu, jenis kandang ini juga dapat menjaga kenari dari hembusan angin yang kencang, suhu udara yang terlalu panas, atau pun suhu udara yang terlalu dingin.

Jenis kandang tertutup ini sangat cocok digunakan untuk indukan Kenari yang sedang dalam proses bertelur dan mengeram. Kandang tertutup akan menjaga suhu di dalam kandang tetap hangat dan nyaman saat indukan mengerami telur. Dengan demikian, proses pengeraman akan berjalan dengan baik dan sukses tanpa hambatan.

2. Kandang Ternak Kenari Terbuka atau Soliter

Sesuai dengan namanya, kandang terbuka adalah jenis kandang yang dibuat tanpa penutup atau terbuka. Manfaat menggunakan kandang terbuka atau kandang soliter cukup banyak.

Burung Kenari yang ditempatkan di dalam kandang terbuka atau soliter akan membuat mentalnya lebih kuat Hal ini dikarenakan kandang terbuka memungkinkan Kenari untuk melihat keadaan sekitar. Dengan begitu, Kenari akan terbiasa dengan kehadiran manusia dan lingkungan ramai, sehingga mentalnya akan terlatih menjadi lebih kuat.

Di samping untuk melatih kekuatan mental, kandang terbuka juga memungkinkan proses pemandian dan penjemuran Kenari menjadi lebih mudah. Kamu cukup meletakkan kandang di luar ruangan yang terkena sinar matahari.

Jenis kandang terbuka atau soliter ini merupakan kandang standar yang biasanya digunakan untuk memelihara jenis burung apa pun. Tak heran, jenis kandang terbuka ini dapat kamu temukan secara luas di pasaran.

Jenis Kandang Ternak Kenari Berdasarkan Kapasitasnya

  1. Kandang Tunggal Kotak

    Kandang jenis ini merupakan kandang yang dibuat untuk kapasitas satu ekor Kenari saja. Kandang tunggal kotak ini dapat kamu buat dengan menggunakan material kayu, triplek, atau pun bambu.

    Kandang ini dapat kamu buat dengan ukuran yang tak begitu besar. Misalnya dengan panjang 55 cm, lebar 40 cm, dengan tinggi 40 cm. Ukuran tersebut sudah cukup ideal untuk menaruh satu ekor burung kenari.

    Selanjutnya kamu dapat membuat kerangka kandang menggunakan reng kayu atau bambu. Sedangkan sisisisinya bisa kamu beri bahan triplek. Dasar kandang bisa kamu buat dari kawat strimin atau kawat anyam

    Aplikasikan juga cat berwarna putih di bagian dalam kandang. Tujuannya supaya kandang tampak bersih dan terang. Selain itu, cat putih juga memungkinkan Kenari untuk menemukan pakan dan minum lebih mudah.

  2. Kandang Sistem Baterai

    Kandang sistem baterai biasanya digunakan untuk ternak burung Kenari dengan skala besar. Kandang jenis ini relatif lebih murah untuk ternak massal dan dianggap mampu menghemat biaya ternak. Berbeda dengan kandang sebelumnya, kandang jenis ini mampu menampung Kenari dengan jumlah cukup banyak.

    Jika kamu ingin menerapkan kandang sistem baterai, kamu harus melakukan pengawasan yang intensif. Sebab jumlah Kenari yang ada di kandang jumlahnya cukup banyak. Dikhawatirkan kadang kala terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan seperti perkalahian antar sesama kenari akibat over birahi.

SUMBER: