Bagaimana jalur pendakian ke Kawah Ijen?

jalur pendakian kawah ijen
Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar.

Pertama, rute dari Banyuwangi menuju Licin yang jaraknya 15 kilometer, dapat di lalui dengan kendaraan roda dua atau roda empat selama sekitar 30 menit. Kondisi jalanannya rusak dan karena itu rute ini lebih sulit di lalui.Biasanya digunakan oleh para pendaki untuk rute pendakian Gunung Ijen. Dari Licin menuju Paltuding yang berjarak sekitar 18 km perjalanan dapat diteruskan dengan kendaraan bermotor terutama jenis jeep double gardan karena sekitar 6 km sebelum sampai di Paltuding melewati jalan yang dinamakan tanjakan erek-erek yaitu berupa belokan berbentuk S dan sekaligus menanjak, perjalanan memerlukan waktu sekitar satu jam, karena jalanan sering rusak oleh air hujan maupun dilewati truk pengangkut Belerang setiap hari. Dari Patulding Anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 3 kilometer menuju dasar Kawah Ijen. Total jarak tempuh melewati rute ini adalah 38 kilometer.

Rute yang kedua yaitu, rute jalan utara dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) melalui Wonosari kemudian dilanjutkan ke Paltuding yang dapat dicapai dengan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat.Rute ini lebih mudah dilalui karena kondisi jalan yang bagus dan relatif mulus.

Jarak Situbondo sampai Paltuding adalah 93 km dan kondisi jalan sampai Paltuding boleh dikatakan sangat bagus sehingga dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam. Dari Patulding Anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen.Jarak tempuh melewati rute ini adalah 70 kilometer dengan pemandangan pohon kopi dan hutan pinus yang memesona.

Rute dari Bondowoso ini melalui daerah terbatas areal perkebunan kopi dengan tiga pintu gerbang yang berbeda.Di setiap pintu gerbang Anda diminta untuk mengisi buku tamu dan tujuan perjalanan.Pemandangan di rute ini sangat bagus dengan kebun kopi arabikanya yang hijau, hutan pinus Perhutani dan hutan perawan Cagar Alam Ijen-Merapi yang lebat.