Bagaimana jalur pendakian Gunung Tambora?

jalur gunung tambora
Gunung Tambora adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia.

Gunung Tambora ialah gunung yang terlatak di Pulau Sumbawa dan menjadi gunung tertinggi di pulau tersebut. Secara administrasi Gunung Tambora Terletak di 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Gunung yang pada 11 April 2015 ini ditetapkan perubahan fungsi menjadi Kawasan Taman Nasional ini mempunyai 4 jalur resmi. Dua jalur terletak di Kabupaten Bima yaitu Jalur Pendakian Piong dan Jalur Pendakian Kawinda Toi. Dua jalur lainnya terletak di Kabupaten Dompu yaitu Jalur Pendakian Doroncanga dan Jalur Pendakian Pancasila.

Dari empat jalur pendakian tersebut ialah Jalur Pendakian Pancasila yang sudah terkenal di khalayak ramai sebagai Jalur Pendakian favorit di Gunung Tambora. Namun setelah Taman Nasional terbentuk, berbagai fasilitas sarana prasarana mulai ada dan terbangun di berbagai tempat di kawasan Taman Nasional Tambora, termasuk jalur Pendakian Piong. Jalur yang terletak di Desa Piong, Kecamatan Sanggar, kabupaten Bima ini sudah mulai memolek diri. Berbagai fasilitas mulai dibangun di Jalur ini, seperti gerbang pintu masuk, shelter (pos pendakian), dan Toilet.

Jalur yang menpunyai jarak sekitar 25 KM ini mempunyai 5 shelter/Pos pendakian yang dibangun oleh Balai Taman Nasional Tambora maupun Dinas Pariwisata Prov NTB.

Jalur yang satu ini termasuk jalur yang istimewa yang ada di Gunung Tambora, kenapa? karena jalur ini dapat di akses lumayan lebih cepat dari pada jalur lainnya yang ada di Gunung Tambora. Jalur ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda 4 (offroad ) dan kendaraan Roda 2 ( trail ). Rata-rata waktu yang ditempuh dalam pendakian jalur ini sekitar 3-4 jam sampai pos terakhir atau pos 5 dan di lanjutkan tracking menuju puncak selama 1 jam.

Pendakian Menggunakan Kendaraan Trail

Pendakian menggunakan kendaraan offroad. Selain waktu tempuh yang relatif cepat yang menjadikan jalur ini istimewa ialah view lanscape yang di sajikan begitu enak dipandang, terutama saat di padang savana. Padang Savana yang begitu luas sangat memanjakan mata bagi pengunjung.

Landscape Padang Savana Jalur Pendakian Piong

Saat memulai tracking dari pos 5, jalur menuju puncak relatif agak curam dan licin, sehingga pendaki harus ekstra hati-hati saat mendaki ke puncak, apalagi kalau melakukan pendakian pada waktu malam atau pagi hari dengan keadaan yang masih gelap. Ketika sampai dipuncak mata akan disajikan dengan pemandangan Kaldera Gunung tambora yang begitu luas dan indah. Namun sebaiknya pengunjung sangat berhati- hati ketika sudah sampai dipuncak, jangan terlalu dipinggir kaldera, karena bibir Kaldera sangatlah rawan longsor.

Kaldera Gunung Tambora
Tips untuk pengunjung agar membawa persedian air yang banyak, dikarenakan jalur ini sangat susah air dan membawa masker, pada saat musim kemarau jalur pendakian sedikit berdebu.