Bagaimana jalur pendakian Gunung Semeru?

jalur pendakian Gunung Semeru
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa yang termasuk dalam jajaran 7 summit Indonesia.

jalur pendakian gunung semeru

  1. RANUPANI – LANDENGAN DOWO = 3km (1,5jam)
    Jalur menuju Landengan Dowo relatif masih mudah. Kita akan berjalan menyusuri jalan paving datar.
    LANDENGAN DOWO
    Papan penanda “Landengan Dowo”

  2. LANDENGAN DOWO – WATU REJENG = 3km (1,5jam)
    Jalur menuju Watu Rejeng juga relatif masih mudah. Jalan sudah mulai memasuki hutan dan jalan tanah. Di perjalanan kita akan menjumpai sebuah jembatan kecil yang disebut “Jembatan Cinta”.

  3. WATU REJENG – RANU KUMBOLO = 4,5km (2jam)
    Dari Watu Rejeng kita masih terus berjalan hingga mencapai sebuah danau bernama “Ranu Kumbolo”. Jalan yang kita lewati adalah jalan berbukit dan berpohon banyak. Di danau ini kita tidak diperbolehkan untuk mandi dikarenakan akan mencemari air. Banyak sekali para pendaki yang mendirikan tenda di Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo merupakan tempat paling favorit pendaki untuk bermalam.

  4. RANU KUMBOLO – ORO-ORO OMBO = 1km (30 menit)
    Jika kita bertenda di Ranu Kumbolo maka berkemas lagi dan melanjutkan perjalanan. Kita akan berjalan naik sebuah tanjakan yang legenda di gunung Semeru yakni “Tanjakan Cinta”. Mitos: jika kita berjalan mendaki Tanjakan Cinta tersebut tanpa menoleh ke belakang sembari membayangkan seseorang yang ingin kita jadikan pasangan hidup maka hal tersebut akan menjadi kenyataan. Setelah melewati Tanjakan Cinta kita akan bertemu dengan sebuah lahan luas yang pada bulan-bulan tertentu (setelah musim hujan) akan ditumbuhi bunga lavender. Tempat ini dinamakan “Oro-Oro Ombo” yakni sebuah taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga lavender

  5. ORO-ORO OMBO – CEMORO KANDANG = 1,5km (30 menit)
    Dari Oro-Oro Ombo kita berjalan terus datar hingga bertemu dengan Cemoro Kandang.

  6. CEMORO KANDANG – JAMBANGAN = 3km (30 menit)
    Jambangan adalah lahan luas yang ditumbuhi bunga-bunga edelweis, cantigi, dan pohon cemara.

  7. JAMBANGAN – KALIMATI = 2km (30 menit)
    Di Kalimati adalah tempat favorit selanjutnya untuk bermalam atau mendirikan tenda. Tempatnya luas sehingga cukup untuk banyak kelompok. Di Kalimati jika musim hujan juga terdapat sumber air.

  8. KALIMATI – ARCOPODO = 1,2km (2,5jam)
    Perjalanan selanjutnya kita akan menuju Arcopodo. Jika ingin mendapat sunrise di puncak Mahameru maka sebaiknya bermalam di Arcopodo. Jika bermalam di Arcopodo maka pagi dini hari kita harus bersiap-siap untuk summit attack atau pendakian menuju puncak.

  9. ARCOPODO – CEMORO TUNGGAL – PUNCAK MAHAMERU = 1,5km (3-4jam)