Bagaimana jalur pendakian Gunung Argopuro?

jalur pendakian Gunung Argopuro
Gunung Argopuro dikenal sebagai gunung dengan trek pendakian terpanjang se-Jawa.

  1. Polsek Krucil (Bremi) – Danau Taman Hidup (4jam)
    Perjalanan awal dari polsek kita akan melewati jalan aspal perkampungan lalu masuk ke dalam hutan. Kemudian kita akan bertemu dengan hutan yang ditumbuhi pohon Balsa yang sangat rapat. Selanjutnya kita memasuki kawasan semak belukar tinggi dan agak sedikit alam terbuka serta trek yang semakin licin. Sepanjang perjalanan menuju Danau Taman Hidup kita akan banyak melewati semak-semak yang dihinggapi pecet (lintah) jadi harus hati-hati.

  2. Danau Taman Hidup – Hutan Lumut (30menit)
    Dari Danau Taman Hidup perjalanan dilajutkan dengan jalan landai. Sepanjang perjalanan kita akan menyusuri aliran air yang mengihdupkan hutan di Argopuro ini.

  3. Hutan Lumut – Cemara Lima (2jam)
    Selanjutnya perjalanan mendaki bukit dan turun bukit sampai pada pos yang dipenuhi pohon cemara.

  4. Cemara Lima – Angkene (3jam)
    Perjalanan selanjutnya kita akan berhadapan dengan jalan yang dipenuhi semak ilalan setinggi 2 meter dengan jalan yang licin. Di jalur ini kita harus tetap hati-hati karena sewaktu-waktu bisa terpleset. Dan tetap waspada terhadap badan yang sewaktu-waktu juga bisa kena sabetan ilalang ataupun gigitan pacet.

  5. Angkene – Cisentor (2jam)
    Perjalanan menuju Pos Cisentor kita akan melewati sabana dan savana. Pos Cisentor ditandai dengan bangunan petak ukuran 3 x 3 meter dan merupakan titik tengah antara jalur Bremi dan Baderan.

  6. Cisentor – Rawa Embik (2jam)
    Perjalanan selanjutnya masih sama seperti sebelumnya. Kita akan bertemu dengan trek yang sesak dengan ilalang dan trek licin.

  7. Rawa Embik – Puncak (1jam)
    Dari Rawa Embik menuju puncak kita akan melewati jalur yang penuh sesak dengan berbagai macam vegetasi dari mulai pohon cemara, ilalang, dan rerumputan. Di tengah perjalanan kita akan menjumpai percabangan yang disebut “Persimpangan Cinta” mitosnya di sini tempat pertemuan Dewi Rengganis dengan Rawa Embik. Perjalanan hanya satu jam saja untuk sampai pada puncak Rengganis.
    Di puncak antara puncak Rengganis, puncak Argopoera dan Puncak Arca letaknya saling berdekatan.