Bagaimana instragram dapat memahami kebutuhan pengguna yang dapat berubah-ubah seiring berjalanya waktu?

Kebutuhan pengguna adalah gambaran fungsi dan fitur sistem dari perspektif pengguna agar sistem sesuai dengan keinginan pengguna. Pengembang software yang terlibat dalam proses harus mampu memahami perspektif/sudut pandang pengguna. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Kemudian bagaimanakah instagram dapat memahami kebutuhan pengguna?

Instagram memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulanya, dan sekitar 500 juta pengguna aktif setiap harinya. Menurut Instargam user statistics 75% Instargram berada di luar US dan hanya 17% dari trafic dekstop untuk instagram yang berada dari US. Dari hal tersebut tentu dapat disimpulkan bahwa selain perlu memahami kebutuhan pengguna dengan baik karena ada perubahan yang cepat juga dikarenakan Instragram memiliki user atau pengguna yang berasal dari berbagai belahan dunia. Pelanggan dari berbagai belahan dunia tentu tidak akan memiliki kebudayaan dan kebiasaan yang sama sehingga menyebabkan selera dan tingkat kemududahan sebuah produk berbeda-beda.

Dalam sebuah perusahaan sangat penting memperhatikan sumber daya yang dimiliki dan pengelolahanya. Instagrampun demikian. Dalam upaya user research instagram memiliki tim tersendiri. Salah satunya yang paling mudah ditemukan di internet untuk kita pelajari adalah UX research. User experience (UX) sangat berguna dalam menentukan kemudahan dan ketepat gunaan sebuah produk yang pada akhirnya akan memenuhi kebutuhan pengguna. UX research bertujuan untuk memperoleh penggetahuan mengenai hal yang dirasakan user saat ini dengan menghubungkan penelitian yang valid dengan kemungkinan potensial peningkatan UX.

Dalam menelusuri kebutuhan pengguna instagram memiliki beberapa cara, yaitu

  • Online Survey
    Cara online survey memudahkan instagram menjangkau wilayah pengguna yang berada di benua atau negara lain. Survey ini melibatkan berbagai orang baik user maupun bukan.

  • Task based user testing
    Task based user testing tidak hanya melibatkan user tetapi juga non user. Pada cara ini pengguna menunjukan bahwa ratting yang rendah di akibatkan kurangnya pemahaman akan ikon yang terdapat dalam instagram.

  • User Interview
    Melakukan insterview kepada pengguna instagram. Dalam hal ini yang digunakan adalah frequent user. Pertanyaan mengelaborasi beberapa pertanyaan pada survey yang open-ended dan menerima lebih banyak hasil daripada survey.

Dari berbagai cara untuk memperoleh kebutuhan pelanggan dengan user research instagram memperoleh data mengenai demografi pengguna, kecenderungan pemakaian berdasarkan jenis kelamin, usia, favorite network, waktu yang dihabisan, post yang disukai, dan berbagai hal lain. Dapat dilihat pada https://blog.hootsuite.com/instagram-statistics/.

Terdapat satu lagi cara instagram melakukan pengelolahan sumberdaya untuk memperoleh kebutuhan pelanggan, yaitu membuka lowongan pekerjaan bagi instagram user research secara freelance. Hal ini dapat menyebabkan instagram mampu menjangkau berbagai daerah tanpa perlu menggaji pekerja lebih besar.

Referensi

https://www.brandwatch.com/blog/instagram-stats/

https://blog.hootsuite.com/instagram-statistics/

http://www.reneelin.com/instagram-ux/