Bagaimana improvisasi yang baik ?

Tahukah kalian bagaimana melakukan improvisasi yang baik ?

Dalam seni drama atau teater, improvisasi berarti mengembangkan adegan di luar skenario dengan inisiatif sendiri dan tanpa pengarahan. Dalam acara-acara televisi yang di siarkan langsung, kita sering melihat para pelakunya melakukan improvisasi dengan tujuan untuk semakin memeriahkan acara. Imrovisasi dapat berupa gerakan-gerakan atau ucapan-ucapan penyeimbang untuk lebih menghidupkan pemeranan.

Pengertian Improvisasi dalam seni drama atau teater lebih menjurus pada latihan pengembangan dasar dari bentuk-bentuk pelatihan elemen dasar dalam teater (olah vokal, olah tubuh, olah pikir dan olah rasa serta teori-teori pemanggungan dasar) yang telah diperkenalkan lebih dahulu kepada para calon pemain. Improvisasi berfungsi menumbuhkan daya aktif, inisiatif, kreatif dan inovatif para pelakon.

Tapi tidak selamanya improvisasi berhasil menghadirkan hal-hal positif. Terkadang ada improvisasi yang gagal, di mana bukannya memperbaiki situasi malah memperkeruh suasana. Terlalu banyak melakukan improvisasi juga akan terkesan overacting. Improvisasi sewajarnya adalah lebih baik dari pada yang terlalu over.